EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Guru dalam Pembelajaran Musik Angklung pada Anak di Tk Khadijatul Kubra Banjarmasin

Irawan, Rieka (2023) Strategi Guru dalam Pembelajaran Musik Angklung pada Anak di Tk Khadijatul Kubra Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (58kB)
[img] Text
2. AWALAN.pdf

Download (681kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (189kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (821kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pada masa anak usia dini adalah masa yang sangat baik dalam menanamkan jiwa budayanya seperti memberikan atau mengenalkan pembelajaran musik angklung. Dengan diberikannya pembelajaran musik angklung kepada anak diharapkan anak dapat merasa memiliki dan lebih mencintai alat musik warisan budaya Indonesia ketimbang alat musik luar. Jika anak-anak Indonesia tidak meneruskan budaya lokal maka besar kemungkinan Indonesia akan kehilangan budaya-budaya yang sudah diwariskan nenek moyang zaman dulu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam pembelajaran musik angklung pada anak di TK Khadijatul Kubra Basirih Banjarmasin dan faktor apa saja yang mempengaruhi strategi guru dalam pembelajaran musik angklung pada anak di TK Khadijatul Kubra Basirih Banjarmasin. Untuk mencapai tujuan di atas maka penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 anak serta 1 guru musik, objek yang diambil dalam penelitian ini yaitu strategi guru dalam pembelajaran musik angklung pada anak di TK Khadijatul Kubra Basirih Banjarmasin. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data dilakuan dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Sementara teknik pemeriksaan data dalam keabsahan penelitian ini meliputi perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru ketika pembelajaran musik angklung adalah strategi pembelajaran langsung. Dalam strategi tersebut guru menggunakan perencanaan sebelum memulai pembelajaran, menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan latihan/drill ketika pembelajaran berlangsung dan mengevaluasi pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang sudah dilakukan. Di dalam pembelajaran musik angklung tersebut juga ditemukan faktor yang mempengaruhi yaitu (1) faktor pendukung yaitu berasal dari faktor eksternal seperti sarana dan prasarana yang lengkap dan (2) faktor penghambat berasal dari faktor eksternal disebabkan karena waktu yang minim dan faktor internal anak yang kurang konsentrasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > M Music
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 20 Jul 2023 23:56
Last Modified: 20 Jul 2023 23:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23933

Actions (login required)

View Item View Item