EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Model Pembelajaran Wasaka Terhadap Hasil Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa pada Materi Fluida Statis

Masniah, Masniah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Wasaka Terhadap Hasil Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa pada Materi Fluida Statis. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN- MASNIAH TADRIS FISIKA 2023.pdf

Download (225kB)
[img] Text
AWAL - MASNIAH TADRIS FISIKA 2023.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK - MASNIAH TADRIS FISIKA 2023.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB 1 - MASNIAH TADRIS FISIKA 2023.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB 2 - MASNIAH TADRIS FISIKA 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB 3 - MASNIAH TADRIS FISIKA 2023.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB 4 - MASNIAH TADRIS FISIKA 2023.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB 5 -MASNIAH TADRIS FISIKA 2023.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - MASNIAH TADRIS FISIKA 2023.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN - MASNIAH TADRIS FISIKA 2023.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi oleh kegiatan belajar mengajar di MA Miftahul Ulum pada mata pelajaran fisika yang masih terpaku pada metode ceramah dan mengerjakan soal saja dimana guru masih jarang memvariasikan model pembalajarannya saat mengajar pada mata pelajaran ini serta antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran fisika dapat dikatakan masih kurang sehingga belum terbentuk karakter kerja keras siswa yang ada disana. Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran model pembelajaran WASAKA, mendeskripsikan pengaruh dari model pembelajaran WASAKA terhadap hasil belajar siswa dan karakter kerja keras pada siswa kelas XI IPA yang ada di MA Miftahul Ulum. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kuatitatif serta menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di MA Miftahul Ulum dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA yang ada disekolah tersebut dengan menggunakan teknik sampling jenuh sehingga semua anggota populasi menjadi sampel dalam penelitian. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah validator dan juga siswa, teknik pengumpulan data menggunakan Angket, tes dan observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan hasil dalam penelitian menunjukan (1) perangkat pembelajaran dalam penelitian ini terkategori valid berdasarkan hasil penilaian validator dengan nilai koefesien Aiken’s V untuk validitas RPP pada rentang 0,75-1,00 pada kategori tinggi, validitas soal tes pada rentang 0,75-1,00 dan validitas lembar observasi pada rentang 0,60-0,83 dengan kategoti tinggi (2) Terdapat pengaruh dari model pembelajaran WASAKA terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di MA Miftahul Ulum berdasarkan uji statistik diperoleh nilai 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 sehingga Ha diterima dan disimpulkan model pembelajaran WASAKA berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa (3) Karakter kerja keras siswa selama model pembelajaran WASAKA diterapkan dikelas mengalami perkembangan yang sangat baik berdasarkan skor persentase rata-rata observasi karakter kerja keras yaitu sebesar 87.65% dengan kategori sangat baik .

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:53
Last Modified: 20 Jul 2023 07:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23944

Actions (login required)

View Item View Item