EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Agama Islam pada Anak Keluarga Suku Madura di Kota Banjarmasin (Perspektif Gender)

Rofiq, Abd. (2023) Pendidikan Agama Islam pada Anak Keluarga Suku Madura di Kota Banjarmasin (Perspektif Gender). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (42kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan dan pemikiran tentang pendidikan agama Islam pada anak keluarga suku Madura di Kota Banjarmasin, dimana dalam pelaksaan pendidikan dalam keluarga Madura masih terjadi perbedaan status gender antara anak laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, tujuan, orientasi, nilai-nilai, cara dan evaluasi atau review pendidikan agama Islam pada anak keluarga suku Madura di Kota Banjarmasin perspektif gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini diambil di Keluarahan Pekapuran Raya, Kelurahan Pekauman dan Kelurahan Gadang. Data yang digali tentang tujuan, orientasi, nilai--nilai, cara dan evaluasi atau review. Sumber data dalam penelitian ini adalah keluarga suku Madura dan catatan dokumentasi dan arsip. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa, tujuan pendidikan agama Islam bagi orang tua pada anak laki-laki dan perempuan yaitu, beriman kepada Allah Swt dan Rasul-Nya, bertakwa kepada Allah Swt, berbakti kepada orang tua, menjadi pribadi yang bertanggung jawab, mempunyai jiwa sosial. Orientasi orang tua terhadap pendidikan anak laki-laki dan perempuan yaitu orientasi pada aspek akidah, orientasi pada aspek spiritual dan orientasi pada aspek sosial. Nilai- nilai pendidikan agama Islam yang diberikan orang tua pada anak laki-laki dan perempuan yaitu, nilai-nilai pendidikan akidah, nilai-nilai pendidikan ibadah dan , nilai-nilai pendidikan akhlak. Cara orang tua mendidik anak laki-laki dan perempuan yaitu, mendidik melalui pembiasaan, mendidik dengan nasehat, mendidik melalui keteladan dan mendidik melalui perhatian dan hukuman. Evaluasi atau review pendidikan yang dilakukan orang tua pada anak laki-laki dan perempuan meliputi evaluasi atau review berkelanjutan dan evaluasi atau review pengulangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:03
Last Modified: 29 Aug 2023 02:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24895

Actions (login required)

View Item View Item