EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemahaman Guru Terhadap Esensi Kurikulum Merdeka di SDN Pemurus Dalam 1 Banjarmasin

Aina, Nur (2024) Pemahaman Guru Terhadap Esensi Kurikulum Merdeka di SDN Pemurus Dalam 1 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Salah satu aspek kritis yang mempengaruhi keberhasilan memahami adalah dengan keterlibatan guru dalam menerapkan prinsip-prinsip kurikulum merdeka dalam pembelajaran sehari-hari. Pada pemahaman kurikulum merdeka ini berdasarkan observasi awal yang dilakukan peniliti, terdapat kendala yang dihadapi dalam menjalankan kurikulum merdeka salah satunya adalah kurangnya sumber daya dan pelatihan tentang kurikulum ini. Hal tersebut menuntut guru agar lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran sehingga tujuan yang diinginkan tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru terhadap esensi kurikulum merdeka dan mengetahui faktor yang mempengarui pemahaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini yaitu guru wali kelas 1 dan 4, guru mata pelajaran PAI dan PJOK, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakanan dalam penelitian ini dimulai dari tahap reduksi kata, tahap penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas dan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji kredibilitas dengan menggunakan triangulasi sumber. Dimana triangulasi pada data ini merupakan uji kredibilitas data dengan cara mengecek kembali data melalui berbagai sumber maupun metode Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemahaman guru terhadap esensi kurikulum merdeka di SDN Pemurus Dalam 1 Banjarmasin yaitu adanya pemahaman mengenai konsep kurikulum meliputi pembelajaran berbasis proyek, fokus pada materi esensial dan fleksibilitas. Pemahaman guru mengenai prinsip kurikulum merdeka meliputi kondisi siswa, pembelajaran sepanjang hayat, holistik, prinsip esensial atau relevan dan berkelanjutan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman guru terhadap kurikulum merdeka ini juga dipengaruhi dari pelatihan atau workshop terkait kurikulum merdeka, fasilitas, lingkungan, fleksibilitas guru dalam perubahan kurikulum serta cara mengatasinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 31 Jul 2024 00:17
Last Modified: 31 Jul 2024 00:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27606

Actions (login required)

View Item View Item