EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Metode Tilawati PAUD dalam Pembelajaran Alquran di TPA Al Falah Unit 081 Banjarbaru

Husna, Muawwanatul (2020) Implementasi Metode Tilawati PAUD dalam Pembelajaran Alquran di TPA Al Falah Unit 081 Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (617kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Dalam memberikan pembelajaran Alquran kepada anak usia dini yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, bisa menggunakan metode tilawati PAUD. Metode tilawati PAUD merupakan metode pembelajaran untuk mengenalkan huruf-huruf hijaiyah bagi anak usia dini dengan menggunakan prinsip pembelajaran yang sesuai dengan tumbuh kembang anak, menggunakan nyanyian dan nada yang khas yaitu lagu rost dan pembiasaan melalui klasikal dan kebenaran membaca melalui individual dengan teknik baca simak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode tilawati PAUD dalam pembelajaran Alquran di TPA Al Falah Unit 081 Banjarabaru yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Serta untuk mengetahui fakorfaktor yang mempengaruhi implementasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan, subjek penelitian ini adalah dua orang ustadzah serta santri kelas Tilawati PAUD TPA Al Falah unit 081 Banjarbaru. Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Milles dan Huberman yang dilakukan secara interaktif dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan yaitu, implementasi metode tilawati PAUD dalam pembelajaran Alquran di TPA Al Falah Unit 081 Banjarbaru meliputi tahap perencanaan yaitu, tujuan dan target pembelajaran. Materi pembelajaran yaitu, peraga kartu, peraga kalender, buku Tilawati PAUD, materi penunjang buku Kitabaty PAUD dan pembiasaan hafalan surah atau doa pendek menggunakan hitungan jari tangan menyesuaikan dengung atau panjang bacaan. Media pembelajaran yaitu, peraga kartu, peraga kalender, buku Tilawati PAUD, buku Kitabaty PAUD, alat penunjuk untuk peraga, dan sandaran peraga. Tahap pelaksanaan yaitu, kegiatan awal secara klasikal doa pembuka, peraga kartu, peraga kalender sesi 1, dan pembiasaan hafalan surah atau doa pendek menggunakan hitungan jari tangan menyesuaikan dengung atau panjang bacaan. Kegiatan inti di kelompok masing-masing yaitu, pembelajaran buku Tilawati PAUD dengan pendekatan individual, peraga kalander dan pembiasaan hafalan surah atau doa pendek menggunakan hitungan jari tangan menyesuaikan dengung atau panjang bacaan sesi 2 secara klasikal, dan mewarnai atau menebalkan huruf hijaiyah di buku Kitabaty PAUD. Kegiatan penutup yaitu, doa penutup secara klasikal. Tahap evaluasi, evaluasi kenaikan halaman dan evaluasi akhir pembelajaran melalui munaqasyah. Kriteria penilaian pada evaluasi yaitu santri dapat mengucapkan dua huruf hijaiyah dengan lancar satu ketukan. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode tilawati PAUD dalam pembelajaran Alquran di TPA Al Falah Unit 081 Banjarbaru yaitu kualitas guru, pengalaman mengajar, kemampuan peserta didik dan faktor sarana dan prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muriyani Muriyani Azzahra Muriyani Azzahra
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:51
Last Modified: 25 Jun 2020 02:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14244

Actions (login required)

View Item View Item