EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembinaan Akhlak Para Penghafal Al-Qur’an di Asrama Tahfidz Siti Khadijah Banjarmasin

Solehah, Siti (2020) Pembinaan Akhlak Para Penghafal Al-Qur’an di Asrama Tahfidz Siti Khadijah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYTAAN.pdf

Download (57kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (529kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pembinaan akhlak bagi para penghafal Al-Qur’an adalah sebuah pokok kewajiban karena menjadi seorang penghafal Al-Qur’an tidak bisa hanya mengingat dan menghafalkan saja namun juga harus memiliki karakter yang baik yang menunjukkan sebagai seorang penghafal Al-Qur’an. Asrama Siti Khadijah Banjarmasin mengajarkan bagaimana menjadi seorang penghafal Al-Qur’an yang baik melalui pembinaan akhlak yang dilakukan dalam kegiatan taklim, pemberian nasihat atau motivasi, berkhidmah, melakukan kegiatan sosial, dan melalui pembelajaran adab-adab menghafal Al-Qur’an. Kitab yang digunakan adalah kitab fadhilah amal. Faktor-faktor yang mempengaruhi Pembinaan Akhlak Para Penghafal Al-Qur’an di Asrama Tahfidz Siti Khadijah Banjarmasin ada dua yakni faktor internal dan faktor eksternal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang mahasantriwati asrama tahfidz Siti Khadijah Banjarmasin. Satu orang pembina yang disebut dengan Ummi sebagai informan, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pembinaan akhlak para penghafal Al-Qur’an di Asrama Tahfidz Siti Khadijah Banjarmasin dan faktor pendukung serta penghambatnya. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data di lapangan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi.Adapun pengolahan data dilakukan dengan editing, reduksi data dan interpretasi data, sedangkan analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembinaan akhlak para penghafal Al-Qur’an di asrama Siti Khadijah Banjarmasin dilakukan melalui kegiatan taklim, nasihat atau motivasi, khidmah, kegiatan sosial dan pembelajaran tentang adab menghafal Al-Qur’an. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat terdiri dari faktor internal yaitu: (1) kegiatan di luar asrama, (2) kegiatan organisasi kampus dan (3) dukungan atau motivasi dari orang tua maupun keluarga serta faktor eksternal yaitu kurangnya kesadaran dari dalam diri santriwati.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NUR KAMARI NUR KAMARIAH NUR KAMARIAH
Date Deposited: 19 Nov 2020 01:15
Last Modified: 19 Nov 2020 01:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14915

Actions (login required)

View Item View Item