EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMA NEGERI 13 KOTA BANJARMASIN

Rani, Muhammad Mulia (2021) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMA NEGERI 13 KOTA BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (321kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (35kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (244kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pendidikan Agama Islam bukan hanya sekedar sarana tranformasi pengetahuan dalam aspek keagamaan (kognitif), tetapi pendidikan agama Islam (PAI) juga sebagai sarana internalisasi norma dan nilai-nilai moral untuk membentuk sikap (afektif) serta berperan sebagai pengendali perilaku (psokomotorik) sehingga tercipta kepribadian manusia yang utuh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter disiplin siswa dan juga menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter disiplin siswa di lingkungan SMA Negeri 13 Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian dengan terjun kelapangan menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah dua orang guru PAI. Objek penelitian yaitu pembelajaran Pendidkan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data dengan cara menguraikan data dalam bentuk narasi dan selanjutnya dianalisis dengan analisi deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 13 Banjarmasin dilakukan dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi (penilaian) hasil pembelajaran. Pada tahap perencanaan kedua guru sudah menyusun RPP sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013 dengan baik, akan tetapi tidak sepenuhnya apa yang ada didalam RPP tersebut dilaksanakan. Pada tahap pelaksanaan kedua guru nampak menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran, juga didukung oleh media dan sumber belajar untuk mempermudah proses pembelajaran. Pada tahap penilaian ditemukan bahwa penilaian yang dilakukan guru masih terfokus pada penilaian dalam aspek pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotorik) saja dibandingkan dengan penilaian dalam aspek sikap (afektif), sehingga penilaian dalam tiga aspek tersebut belum dilakukan secara proporsional (berimbang).

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 26 Jul 2021 00:29
Last Modified: 26 Jul 2021 00:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16542

Actions (login required)

View Item View Item