EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ANALOGI PESAN DALAM KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ DAS’AD LATIF

Rusdianto, Rusdianto (2021) ANALOGI PESAN DALAM KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ DAS’AD LATIF. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (81kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Perkembangan dakwah semakin hari semakin pesat, para juru dakwah di zaman sekarang harus melawan arus modernisasi yang sangat kuat maka perlunya dai atau juru dakwah yang mempunya metode cara yang kreatif, inovatif dan mudah di pahami oleh mad’u. Salah satu cara di zaman yang serba kritis seperti sekarang para da’i banyak menggunakan analogi atau perumpamaan-perumpamaan sederhana. Da’i harus lebih jeli dalam memilih strategi dalam berkomunikasi dengan mad’u, salah satu strategi komunikasi dalam berdakwah yang bisa di gunakan untuk mempermudah mad’u dalam memahami pesan yang di sampaikan oleh da’i yaitu menggunakan analogi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah dan juga mendeskripsikan bagaimana Dakwah Ustadz Das’ad Latif menggunakan analogi sebagai strategi komunikasi dalam berdakwah untuk mempermudah komunikan atau mad’u dalam memahami pesan dakwah dengan menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif. Subjek penelitian disini adalah Video ceramah Ustadz Das’ad Latif di akun Youtube Das’ad Latif. Objek penelitian ini adalah apa saja pesan dalam komunikasi dakwah Ustadz Das’ad Latif dan bagaimana Ustadz Das’ad Latif menganalogikan dakwahnya. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (conten analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ustadz Das’ad Latif menggunakan analogi sebagai strategi komunikasi dalam berdakwah, di samping sebagai cirikhas beliau di dalam berdakwah, analogi juga di gunakan untuk mempermudah jamaah dalam menerima pesan dakwah. Pesan dakwah yang terdapat dalam penelitian ini adalah pesan Akidah, Akhlak dan Syariah. Adapun analogi yang selama ini di gunakan oleh Ustadz Das’ad Latif berupa perumpamaan-perumpamaan sederhana yaitu amtsal sebagai bentuk kreatifitas dan daya tarik sendiri dalam kegiatan dakwah di masyarakat. Kategori analogi yang digunakan beliau adalah analogi induktif dan juga analogi deklaratif yang di terapkan kedalam cerita/kisah, motivasi dan keadaan sosial yang di rasakan masyarakat. Analogi yang paling sering di gunakan beliau ialah analogi induktif.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 08 Nov 2021 05:02
Last Modified: 08 Nov 2021 05:02
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17508

Actions (login required)

View Item View Item