EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

DAKWAH DENGAN MEDIA INSTAGRAM (PESAN DAKWAH DALAM AKUN @SI_BEDIL)

Junaidi, Muhammad (2021) DAKWAH DENGAN MEDIA INSTAGRAM (PESAN DAKWAH DALAM AKUN @SI_BEDIL). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sedang tren pada beberapa tahun belakangan ini, instagram adalah media yang berfokus pada konsep audio visual. Penggunanya dari berbagai kalangan mulai dari yang muda hingga dewasa. Tujuan penggunanya juga berbeda-beda, ada yang menggunakannya untuk mencari informasi, sebagai hiburan, sebagai media bisnis dan juga ada untuk menyebarkan ajaran agama. Salah satu akun Instagram yang bertujuan untuk menyebarkan agaran agama adalah akun @si_bedil. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan, datanya dianalisis menggunakan analisis isi (Content Analysis). Subjek penelitian ini adalah 66 postingan yang terdapat dalam akun Instagram @si_bedil dalam periode 2018, sedangkan objek penelitiannya adalah pesan dakwah yang terkandung dalam setiap postingan akun Instagram @si_bedil selama 2018. Kemudian mengelompokkan Pesan Dakwah sesuai jenisnya masing-masing dalam kategori Akidah, Syari‟ah, atau Akhlak. Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam periode 2018 dalam 66 postingan terdapat postingan yang mengandung pesan dakwah, yang masing-masing dalam kategori dengan akidah yang berkaitan dengan iman kepada Nabi dan Rasul dan iman kepada hari akhir (Kiamat), dalam kategori Syari‟ah berkaitan dengan shalat, membaca Alquran, puasa, zikir, sedekah dan jihad. Dalam kategori akhlak berkaitan dengan bertaqwa, mengingat Allah, mencari ridho Allah, bertaubat, berdo‟a, berbaik sangka kepada Allah, husnudzon, rendah hati, tolong menolong dalam kebaikan, saling memaafkan, menghargai perbedaan, menghindari perasaan galau atau gundah, menghindari sifat malas, bersikap santun, menghidari amarah, menghidari bohong dan menjaga silaturahmi. Pesan yang dominan dalam postingan akun Instagram @si_bedil adalah pesan yang mengandung pesan akhlak. Hal ini sesuai dengan tujuan awal dibuatnya akun Instagram @si_bedil adalah karena keresahan dan keperihatinan terhadap akhlak sebagian besar anak muda yang semakin menurun dan diharapkan untuk mengingatkan dan memperbaiki akhlak para generasi muda kedepannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 11 Nov 2021 06:25
Last Modified: 11 Nov 2021 06:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17531

Actions (login required)

View Item View Item