EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HAMID BANJARMASIN

Aminah, Siti (2022) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HAMID BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (281kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI SITI AMINAH.pdf

Download (793kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Pada struktur pengorganisasian kepala sekolah/madrasah menduduki posisi utama pada lembaga pendidikan. Kepala sekolah/madrasah memiliki sejumlah wewenang dalam perannya sebagai pemimpin. Tugas dari seorang pemimpin sekolah ialah mengelola, mengkoordinasi, mengatur sebaik mungkin, mulai dari kelembagaan sampai terkhusus berkaitan dengan guru, kepala madrasah harus mampu mengelola sumber daya manusianya(guru). Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui produktivitas kerja guru di MI Al-Hamid Banjarmasin, upaya-upaya yang dilakukan Kepala Madrasah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di MI Al-Hamid Banjarmasin, dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepala madrasah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di MI Al-Hamid Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Hamid Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Yayasan, Kepala Madrasah, Guru-guru dan Staff TU di MI Al-Hamid Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini mengacu pada analisis kualitatif menurut Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Produktivitas kerja guru di MI Al-Hamid mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya; 2) Upaya yang dilakukan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru di MI Al-Hamid diantaranya yaitu melakukan pembinaan kedisiplinan, pemberdayaan, pelatihan, pemberian motivasi, pemberian kesejahteraan, pemberian penghargaan dan supervisi; 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru terdiri dari 2 faktor yakni; 1) faktor penghambat yang meliputi keterbatasan dana, fasilitas yang kurang memadai, kesejahteraan yang belum terpenuhi dan kurangnya perhatian kepala madrasah dalam melakukan supervisi; 2) faktor pendukung diantaranya yaitu semangat para guru dalam mengikuti kegiatan pelatihan, keaktifan para guru dalam mengikuti kegiatan KKG, dan disiplin guru dalam mentaati peraturan madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 31 Jan 2022 01:32
Last Modified: 31 Jan 2022 01:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18166

Actions (login required)

View Item View Item