EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN SISWA KELAS IV SD ISLAMIC BILINGUAL SCIENCEDARUL HIJRAH MARTAPURA.

Nuraddini, Lulu Azhari (2022) PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN SISWA KELAS IV SD ISLAMIC BILINGUAL SCIENCEDARUL HIJRAH MARTAPURA. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
KEASLIAN TULISAN - Lulu Azhari Nuraddini.pdf

Download (232kB)
[img] Text
AWAL - Lulu Azhari Nuraddini.pdf

Download (780kB)
[img] Text
ABSTRAK - Lulu Azhari Nuraddini.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB I - Lulu Azhari Nuraddini.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB II - Lulu Azhari Nuraddini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB III - Lulu Azhari Nuraddini.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB IV - Lulu Azhari Nuraddini.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB V - Lulu Azhari Nuraddini.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Lulu Azhari Nuraddini.pdf

Download (374kB)
[img] Text
LAMPIRAN - Lulu Azhari Nuraddini.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Pelaksanaan kegiatan keagamaan agar dapat tertanam dalam diri anak memerlukan peran dari orangtua dan guru. Namun pada kenyataan yang ada sekarang ini, terdapat sebagian orang tua yang hanya sibuk bekerja sehingga proses kegiatan keagamaan menjadi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dan guru dalam kegiatan keagamaan siswa, faktor yang mendukung, dan faktor yang menghambat orang tua dan guru untuk berperan dalam kegiatan keagamaan siswa kelas IV di SD Islamic Bilingual Science Darul Hijrah Martapura. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah peran orang tua dan guru dalam kegiatan keagamaan siswa kelas IV yang dilaksanakan di SD Islamic Bilingual Science Darul Hijrah Martapura. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua, guru, dan siswa kelas IV SD Islamic Bilingual Science Darul Hijrah Martapura. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dan guru dalam kegiatan keagamaan siswa kelas IV di SD Islamic Bilingual Science Darul Hijrah Martapura Peran orang tua dan guru dalam kegiatan keagamaan siswa kelas IV di SD Islamic Bilingual Science Darul Hijrah Martapura yaitu dengan metode keteladanan, metode adat kebiasaan, metode nasihat, metode perhatian atau pengawasan, metode dengan memberikan hukuman. Bedanya guru bertugas disekolah. Faktor yang mendukung orang tua dan guru untuk berperan dalam kegiatan keagamaan siswa adalah dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai, lingkungan yang baik, adanya guru di sekolah, pemberian reward (hadiah) dan pujian, adanya dukungan dari orang tua. Faktor yang mendukung guru di sekolah yaitu adanya program keagamaan dari sekolah, bekerjasama dengan orang tua siswa, dan adanya pelaksanaan atau pembiasan kegiatan keagamaan secara langsung. Faktor yang menghambat orang tua dan guru untuk berperan dalam kegiatan keagamaan siswa kelas IV di SD Islamic Bilingual Science Darul Hijrah Martapura, yaitu anak fokus bermain, kurangnya waktu bersama anak, faktor dari anaknya sendiri. Sedangkan faktor yang menghambat guru di sekolah untuk berperan dalam kegiatan keagamaan siswa, yaitu kurangnya rasa percaya diri anak, minimnya kapasitas musholla.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 31 Jan 2022 06:33
Last Modified: 31 Jan 2022 06:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18204

Actions (login required)

View Item View Item