EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS DARING PADA MASA PANDEMI DI MIN 8 BANJAR

Abdullah, Abdullah (2022) PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS DARING PADA MASA PANDEMI DI MIN 8 BANJAR. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (783kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (748kB)

ABSTRAK

Pelajaran PJOK merupakan disiplin ilmu yang didominasi praktik pada aktivitas fisik dan sedikit teori. Dengan diberlakukannya pembelajaran daring membuat guru PJOK di MIN 8 Banjar kesulitan menyampaikan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran PJOK daring, problematika yang dihadapi guru saat pembelajaran PJOK daring, dan upaya untuk mengatasi problematika guru dalam pembelajaran PJOK daring di MIN 8 Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PJOK di MIN 8 Banjar. proses pembelajaran daring PJOK di MIN 8 Banjar, dan problematika yang dihadapi guru saat pembelajaran daring PJOK di MIN 8 Banjar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa 1) Persiapan guru PJOK dalam pembelajaran daring di MIN 8 Banjar membuat RPP dan membuat video pembelajaran atau rekaman suara yang nanti dikirim ke grup kelas saat pembelajaran aplikasi WhatsApp. Dalam proses pembelajaran PJOK daring di MIN 8 Banjar guru kurang aktif, karena bukan guru PJOK sendiri yang mengirim materi ke grup melainkan melalui perantara guru kelas. Evaluasi pembelajaran PJOK daring di MIN 8 Banjar yaitu guru meminta siswa membuat video untuk meperagakan gerakan yang telah dipelajari, serta menjawab soal mengenai pelajaran yang sudah disampaikan. 2) Problematika yang dihadapi guru saat pembelajaran PJOK daring di MIN 8 Banjar adalah yaitu: Beberapa siswa ada yang tidak mempunyai smartphone, tidak stabilnya jaringan internet di tempat guru dan siswa, terlambatnya evaluasi pembelajaran PJOK karena siswa terlambat mengirim tugas kepada guru PJOK. 3) Upaya dalam mengatasi probelmatika guru dalam pembelajaran PJOK daring di MIN 8 Banjar yaitu : Siswa diminta mengambil tugas di sekolah bagi untuk mereka yang tidak memiliki smartphone dan tugas dikerjakan di rumah dengan bimbingan orang tua, dan bagi siswa yang terlambat mengirim tugas yang mengikuti pembelajaran daring, tugas itu tetap diterima oleh guru, agar tugas tersebut bisa dinilai.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:48
Last Modified: 02 Oct 2023 02:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18314

Actions (login required)

View Item View Item