EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Guru Kelas II Dalam Pendidikan Karakter di MI Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin

Norainnah, Norainnah (2018) Peran Guru Kelas II Dalam Pendidikan Karakter di MI Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (435kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (15kB)

ABSTRAK

Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin merupakan salah satu sekolah yang telah melaksanakan program pendidikan karakter. Cara penerapan yang guru lakukan melalui peran guru kelas dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru kelas II dalam pendidikan karakter di MI Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin, dan untuk mengetahui apa saja hal-hal pendukung dan penghambat peran guru kelas II dalam pendidikan karakter di MI Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dngan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IIB. Sedang yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah peran guru kelas II dalam pendidikan karakter. Data yang diperlukan, diperoleh dengan peneliti mengamati pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas yang meliputi peran guru sebagai korektor, motivator, fasilitator, pembimbing, dan evaluator dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru kelas II dalam pendidikan karakter di MI Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin terlaksana dengan baik. Yang meliputi: peran guru kelas sebagai korektor dalam pendidikan karakter religius, disiplin, dan mandiri, dilakukan dengan cara memberikan teladan, nasihat, teguran dan pengawasan kepada siswa. Sebagai motivator karakter religius, disiplin dan menghargai prestasi, dilakukan dengan cara memberikan teladan, nasihat dan reward kepada siswa. Sebagai fasilitator karakter religius, jujur, disiplin, kreatif dan mandiri, dilakukan dengan memberikan teladan, nasihat, dan teguran. Sebagai pembimbing karakter jujur, disiplin, kreatif, kerja keras, peduli sesama, dilakukan dengan cara memberikan pembiasaan, nasihat dan arahan. Evaluator karakter jujur, disiplin, kreatif, dan kerja keras, dilakukan dengan cara memberikan pembiasaan, teguran dan nasihat. Sedangkan pendukung dalam pendidikan karakter meliputi: latar belakang pendidikan guru, pengalaman guru mengajar, sarana dan fasilitas, lingkungan keluarga dan masyarakat. Sedangkan penghambat pendidikan karakter yaitu siswa .

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:42
Last Modified: 07 Aug 2018 06:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10269

Actions (login required)

View Item View Item