EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Fi‟il-fi”il Tsulatsi Mazid dengan Satu Huruf Tambahan dan Maknanya dalam Surah Ali-Imran

Sari, Lia (2018) Fi‟il-fi”il Tsulatsi Mazid dengan Satu Huruf Tambahan dan Maknanya dalam Surah Ali-Imran. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (548kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (796kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (759kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (176kB)

ABSTRAK

Lia Sari, 2018. Fi‟il-fi”il Tsulatsi Mazid dengan Satu Huruf Tambahan dan Maknanya dalam Surah Ali-Imran. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing I: H. Muhammad Syamsuddin Noor, MA., dan pembimbing II: Muhammad Nadir, S. Ag, M. Pd. I, M. Stud. Kata Kunci: Fiil Tsulatsi Mazid, Satu Huruf Tambahan, surah Ali-Imran. Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an. Memahami bahasa Arab merupakan perkara penting khususnya memahami kalam Allah SWT. Untuk itu, maka perlunya peran ilmu sharf, serta memperhatikan segala tujuan pembelajarannya agar para pendidik maupun peserta didik dapat mudah melaksanakan pembelajaran secara teori maupun praktik. Dan salah satu pembahasan dalam ilmu sharf adalah fiil, diantaranya fiil tsulatsi mazid dengan satu huruf tambahan dan shigat tsulatsi mazid dengan satu huruf tambahan yaitu sighat “af‘ala”, “fa‘ala” dan “fā‘ala” yang kebanyakan dari kita belum mengetahui makna-makna dari shigat-shigat tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini yaitu penelitian pustaka dan analisis kalimat dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Analisis diterapkan pada Al-Qur’an surah „Ali-Imran, lalu analisis kata kerja tambahan satu huruf dengan mengaitkan pada buku-buku bahasa, khususnya buku-buku sharaf berdasarkan shigat dan makna yang terkandung pada koteks kalimat. Dan urgensi dari penelitian ini adalah sebagai alat untuk menambah pengetahuan khususnya bagi peneliti dan bagi para pembaca pada umumnya tentang fiil tsulatsi mazid dengan satu huruf tambahan. Hasilnya terdapat 179 fiil tsulasi mazid tambahan satu huruf dalam surah Ali-‘Imran pada 3 shigat, 99 shigat “af‘ala”, 57 shigat “fa‘ala”, dan 23 shigat “faa‟ala” dengan makna ta‘diyah 103 kata kerja, makna shairūrah 4 kata kerja, makna wujūdu aȿli al-fi‘‘li 2 kata kerja, makna li wujūdi māsytaqqa minhū al-fi‘lu 10 kata kerja,makna lil mubālagah 9 kata kerja, makna littakȘir 12 kata kerja, makna lil mubālagah wa attakȘir 5 kata kerja, makna li nisbati al-maf‘ul ilā aȿl al-fi‘li 1 kata kerja, makna li wujūdi maful fī aȿȿifah 4 kata kerja, makna littasyāruk 6 kata kerja, makna lil muwālah 11 kata kerja, makna mujarrad 5 kata kerja, makna izālah 1 kata kerja, makna nisbatu syai˙ilā aȿli al-fi‘li 1 kata kerja, makna nisbatul fā‘il ilā aȿli al-fi‘li 1 kata kerja, makna wazan “fa‘ala” 1 kata kerja dan makna do‘a 2 kata kerja.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 62 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:35
Last Modified: 09 Aug 2018 06:35
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10324

Actions (login required)

View Item View Item