EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perbedaan Hasil belajar menggunakan media TIK Pada Pembelajaran Al-Qur'an Hadits kelas IV MIN 2 Tanah Laut

Andi, Fajar (2019) Perbedaan Hasil belajar menggunakan media TIK Pada Pembelajaran Al-Qur'an Hadits kelas IV MIN 2 Tanah Laut. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (812kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Andi Fajar Sodik: 2018. Penggunaan Media (Teknologi Informasi Dan Komunikasi) Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas IV Min 2 Tanah Laut. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing Dra. Hj. Rusdiana Husaini. M.Ag. Guru yang professional akan selalu menjadi motivator dalam proses belajar mengajar yaitu dengan cara memberikan rangsangan dan dorongan serta dapat mendinamisasikan potensi siswa dalam menumbuhkan aktivitas mentalnya sehingga akan terjadi dinamika dalam proses belajar mengajar. Guru professional merupakan sosok dari seorang guru yang ideal, dalam proses pembelajaran guru ideal sangat penting dan dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas pendidikan karena menyangkut esensi pekerjaan yang membutuhkan kemahiran Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil dari Pembelajaran yang menggunakan media TIK berupa Aplikasi Interaktif dan hasil dari Pembelajaran tanpa menggunakan Media Tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menilai atau meneliti pengaruh suatu perlakuan/tindakan/ stimulus (treatmen) tertentu terhadap gejala suatu kelompok tertentu dibanding dengan kelompok lain yang diberi perlakuan berbeda. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MIN 2 Tanah Laut Kec. Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Objek penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas IV A dan IV B MIN 2 Tanah Laut Kec. Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan penelitian Hasil belajar siswa kelas IV A kelas Eksperimen yang diajarkan dengan media Aplikasi Interaktif materi hukum Bacaan Idgam di MIN 2 Tanah Laut Kecamatan pelaihari meningkat 20 dari nilai rata-rata pretest 60 menjadi 80 nilai rata-rata posttest, Dan Hasil belajar siswa kelas IV B kelas kontrol yang diajarkan tidak menggunakan Media Aplikasi pada materi Hukum Bacaan Idgam kelas IV di MIN 2 Tanah Laut kecamatan Pelaihari. Hasil belajar kelas kontrol meningkat 18.75 dari nilai rata-rata pretest 57,50 menjadi 76,25 nilai rata-rata posttest. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang melakukan pembelajaran menggunakan media TIK dengan siswa yang melakukan Pembelajaran tidak menggunakan media TIK yaitu kelas eksperimen meningkat 20 sedangkan kelas kontrol meningkat 18.75 pada materi hukum bacaan Idgham kelas IV di MIN 2 Tanah Laut Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Andi Fajar
Date Deposited: 17 Jan 2019 05:28
Last Modified: 17 Jan 2019 05:28
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10955

Actions (login required)

View Item View Item