EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Banjarmasin

Purwandi, Budi (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (719kB)

ABSTRAK

Berdasarkan latar belakang masalah, maka fokus penelitian ini terfokus kepada usaha atau cara guru dalam melakukan pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Banjarmasin dan hambatan-hambatan dalam melakukan pengembangan media pembelajaran Akidah Akhlak. Berdasarkan fokus penelitian, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran yang seperti apa yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak, untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah atau persiapan guru dalam mengembangkan media pembelajaran, untuk mengetahui hambatan yang dialami guru dalam mengembangkan media pembelajaran, dan untuk mengetahui hasil atau pengaruh media pembelajaran yang dikembangkan terhadap proses pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Kota Banjarmasin. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat diskriptif, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data penulisan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data yang terkumpul diproses melalui editing, koding, dan interpretasi. Kemudian untuk mengalisis data penulis menggunakan analisis diskriptif kualitatif dan disimpulkan secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa pengembangan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Banjarmasin dikategorikan cukup baik, dengan indikator pengembangan media pembelajaran yang cukup sederhana, unik, menarik, dan memberikan inovasi terhadap media pembelajaran yang serupa baik dalam hal bentuk media maupun penggunaannya. Kemudian, dalam penelitian ini juga diketahui bahwa terdapat beberapa hambatan bagi guru dalam melakukan pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak, yaitu berupa latar belakang pendidikan guru, keterampilan guru dalam mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran, dan hambatan siswa yang meliputi minat dan perhatian siswa terhadap media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: BUDI BUDI BUDI
Date Deposited: 14 Feb 2019 06:32
Last Modified: 14 Feb 2019 06:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11220

Actions (login required)

View Item View Item