EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Penerimaan Diri Orang Tua Yang Mempunyai Anak Down Syndrome

Azizah, Nur Fitria (2019) Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Penerimaan Diri Orang Tua Yang Mempunyai Anak Down Syndrome. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (579kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (390kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (590kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan peneliti untuk mengetahui apakah ada hubungan kecerdasan emosial dengan penerimaan diri orang tua yang mempunyai anak down syndrome, karena seperti yang kita ketahui anak down syndrome merupakan Kelainan kromosom genetik 21 yang menyebabkan keterlambatan perkembangan dan intelektual. Anak down syndrome memiliki ciri yang berbeda dengan anak pada umumnya, maka dari itu orang tua harus mempunyai penerimaan diri terhadap kondisi anak tersebut. Penerimaan diri orang tua dapat dilihat dari bagaimana perasaan dan perilaku orang tua dapat menerima keberadaan anak tanpa syarat, menyadari bahwa anak juga memiliki hak untuk mengekspresikan perasaannya, dan memenuhi kebutuhan anak untuk menjadi individu yang mandiri. Selain penerimaan diri orang tua juga harus memiliki kecerdasan emosional, kecerdasan emosional yang dimaksud adalah kemampuan seseorang untuk mengenali diri sendiri dan juga orang lain, kesanggupan seseorang dalam menghadapi frustasi dan juga kemampuan seseorang dalam mengendalikan emosinya tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan skala, observasi, wawancara, dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari dua variabel yaitu variabel kecerdasan emosional dan variabel penerimaan diri orang tua. Adapun subjek yang menjadi sasaran penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak down syndrome yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan kriteria subjek yaitu orang tua yang mempunyai anak down syndrome dan juga orang tua kandung dari anak tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan penerimaan diri orang tua yang mempunyai anak down syndrome. Arah pengaruh variabel kecerdasan emosional (x) dan variabel penerimaan diri orang tua (y) yaitu rxy=0,357 dengan p=0,53(p>0,001). Hal ini sesuai dengan yang di peroleh dari pengolahan data dengan menggunakan program SPSS 21 dengan r tabel = 0,30 dan rxy (r hitung) = 0,357.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Skripsi Nur Fitria Azizah
Date Deposited: 25 Mar 2019 03:29
Last Modified: 25 Mar 2019 03:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11541

Actions (login required)

View Item View Item