EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Pai Materi Fiqih Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SMPLB Negeri Pelambuan Banjarmasin Barat

Juwita, Dewi Ayu Ratna Adi (2019) Pembelajaran Pai Materi Fiqih Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SMPLB Negeri Pelambuan Banjarmasin Barat. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (390kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (400kB)

ABSTRAK

Pembelajaran merupakan kegiatan terencana dan terprogram yang dilakukan oleh guru untuk dapat merangsang seseorang agar dapat belajar dengan baik. Pembelajaran yang dilakukan pada anak ABK ini, merupakan pembelajaran yang melibatkan strategi, metode, teknik, evaluasi serta berbagai macam media pembelajaran yang telah dipilih dan ditentukan secara variatif sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini berfokus pada anak berkebutuhan khusus ganda/autis. Dengan fokus masalah sebagai berikut: Bagaimana aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (fiqih) untuk anak berkebutuhan khusus (autis)di SMPLB Negeri Pelambuan Banjarmasin Barat dan faktor-faktor apa saja yang mendukung serta menghambat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk anak berkebutuhan khusus (autis) di SMPLB Pelambuan Banjarmasin Barat. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (Autis) dan faktor-faktor yang mendukung serta menghambat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (fiqih) untuk anak berkebutuhan khusus di SMPLB Pelambuan Banjarmasin Barat. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru Pendidikan Agama Islam, Kepala sekolah, Tata Usaha dan Murid-murid yang ada di kelas VII. Sedangkan objek yang diteliti adalah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (fiqih) materi wudhu dan sholat. Adapun yang menjadi sumber data pokok pada penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, media, strategi dan evaluasi pembelajaran. Kemudian sumber dari semua data itu diperoleh dari responden yaitu guru kelas itu sendiri, informan yaitu kepala sekolah, tenaga pengajar dan siswa, serta dokumen-dokumen yang berkaitandengan penelitian ini. Untuk mengumpulkan semua data tersebut, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah field research yang bersifat diskriptif, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran pendidikan Agama Islam antara lain adalah perencanaan pembelajaran, pada tahap ini sudah terlaksana sangat baik, karena dilengkapi dengan silabus dan RPP. Pada pelaksanaanya sudah berjalan cukup baik, ini dapat dilihat dari guru yang selalu menggunakan media atau metode pembelajaran. Dan terakhir adalah evaluasi, pada tahap ini juga sudah cukup baik, karena setiap materi selesai dijelaskan guru selalu memberikan soal latihan tidak hanya pada evaluasi pembelajaran saja. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat adalah faktor guru, siswa, fasilitas dan lingkungan belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dewi Ayu Dewi Ayu Ratna Adi Juwita Dewi Ayu Ratna Adi Juwita
Date Deposited: 22 Jul 2019 02:37
Last Modified: 22 Jul 2019 02:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12322

Actions (login required)

View Item View Item