EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Untuk Menangani Korban Bullying Di SMK Bina Banua Banjarmasin

Hayati, Noor (2019) Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Untuk Menangani Korban Bullying Di SMK Bina Banua Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (550kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (717kB)

ABSTRAK

Bullying dan cyberbullying dapat terjadi di mana saja terutama di lingkungan sekolah khususnya pada siswa. Perilaku Bullying dan cyberbullying ini dapat memberikan dampak negatif bagi korbannya apabila tidak diatasi, sehingga sangat diperlukan penanganan khusus bagi korban tersebut. Maka lingkungan sekolah yang kondusif dapat menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk- bentuk bullying yang sering terjadi di SMK Bina Banua Banjarmasin, mengetahui dampak negatif untuk korban bullying di SMK Bina Banua Banjarmasin ,dan untuk mengetahui upaya guru BK dalam menangani korban bullying di SMK Bina Banua Banjarmasin Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan, menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan (1) Bentuk-bentuk bullying di SMK Bina Banua Banjarmasin yaitu Bullying Verbal seperti meneriaki, mengolok-olok, memberi dengan sebutan “si hitam”, “si pendek, “si bodoh”, “si anjing” dan “body shaming” dan kata kata kasar lainnya, Bullying fisik yang terjadi seperti mencubit, memukul dan menampar, Bullying non verbal seperti memandang sinis kepada teman sekelas dan Cyberbullying seperti melakukan penghinaan terhadap teman melalui sosial media. (2) Dampak negatif untuk korban bullying di SMK Bina Banua Banjarmasin yaitu anak akan menutup diri, menjadi pemalu atau sering menyendiri, rendahnya kepercayaan diri dan anak akan takun masuk sekolah. (3) Upaya guru bimbingan dan konseling untuk menangani korban bullying di SMK Bina Banua Banjarmasin yaitu guru BK memberikan layanan konseling individual, layanan mediasi, layanan bimbingan klasikal dan layanan informasi, bekerjasama dengan wali kelas dalam memantau kebiasaan siswa di dalam kelas agar tidak terjadi lagi bullying yang tidak diharapkan, bekerjasama dengan orang tua siswa, serta guru BK memberikan pendekatan-pendekatan kepada korban bullying secara terus menerus, pendekatan- pendekatan untuk mengambil kebijakan dalam mencegah perilaku bullying.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Noor Hayat Noor Hayati Noor Hayati
Date Deposited: 29 Jul 2019 06:46
Last Modified: 29 Jul 2019 06:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12489

Actions (login required)

View Item View Item