EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Dinamika Pendidikan Islam (Studi Pada Yayasan Arrahmatul Abadiyyah Di Alalak Selatan Banjarmasin Tahun 1950-2018)

Taslimurrahman, Muhammad (2019) Dinamika Pendidikan Islam (Studi Pada Yayasan Arrahmatul Abadiyyah Di Alalak Selatan Banjarmasin Tahun 1950-2018). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (432kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (882kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (159kB)

ABSTRAK

Lembaga pendidikan Islam mengalami dinamika yang luar biasa dalam perkembangan sejarah Indonesia termasuk Yayasan Arrahmatul Abadiyyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika pendidikan Islam di Yayasan Arrahmatul Abadiyyah Alalak Selatan dari sisi pengelolaan lembaga, kurikulum, pendidik, peserta didik, dan keuangan setiap lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan. Penelitian dilakukan di lingkungan Yayasan Arrahmatul Abadiyyah Alalak Selatan yang terdiri dari TK, TK Al-Quran, Rumah Tahfiz, MI, MTs, dan MA. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan Subjek penelitian adalah para pengurus Yayasan Arrahmatul Abadiyyah baik kepengurusan sekarang maupun terdahulu, para kepala madrasah dan guru. data lapangan digali melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika pendidikan Islam pada Yayasan Arrahmatul Abadiyyah ditandai dengan berdirinya lembaga non formal Sekolah Islam Suada di atas tanah waqaf masyarakat tahun 1950. Madrasah ini tutup sekitar awal tahun 80-an lalu tanah yayasan dipinjam oleh SMA Perikanan dan Dinas Kesehatan untuk puskesmas pembantu. Tahun 2005 berdiri lembaga non formal yaitu Taman Pendidikan Al-Quran. Tahun 2011 Yayasan Arrahmatul Abadiyyah mendirikan lembaga pendidikan formal pertama yaitu MI Islam Arrahmatul Abadiyyah. Tahun 2012 berdiri lembaga formal kembali TK Arrahmatul Abadiyyah, 2015 Berdiri kembali lembaga formal MTs Arrahmatul Abadiyyah, dan 2016 kembali berdiri lembaga non formal Rumah Tahfiz Arrahmatul Abadiyyah berdiri dan terbaru lembaga formal kembali berdiri tahun 2018 MA Arrahmatul Abadiyyah berdiri. Dinamika perkembangan lembaga-lembaga pendidikan pada Yayasan Arrahmatul Abadiyyah bergerak pesat antara tahun 2011 sampai 2018. Sedangkan kebijakan pengelolaan masing lembaga diberikan kebebasan namun tetap berkordinasi dengan yayasan. Adapun sumber pendanaan sebagian ada yang mengandalkan spp yang dibayarkan wali murid, sebagian lagi mengandalkan bantuan pemerintah, dan ada juga yang mengandalkan yayasan. Kurikulum pada lembaga-lembaga pendidikan Yayasan Arrahmatul Abadiyyah berjalan menyesuaikan kebijakan pemerintah. Tergantung dimana induk lembaga tersebut, seperti Dinas Pendidikan atau Kementerian Agama atau BKPRMI. Tenaga pendidik sudah memenuhi standar, sebagian besar adalah strata satu. Jumlah peserta didik mengalami pasang surut, namun belakangan antusiasme masyarakat kepada Arrahmatul Abadiyyah kembali naik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Tesisi Muhammmad Taslimurrahman
Date Deposited: 28 Oct 2019 03:07
Last Modified: 28 Oct 2019 03:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12959

Actions (login required)

View Item View Item