EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Membangun Karakter Nilai-Nilai Percaya Diri Pada Siswa Di MA SMIP 1946 Banjarmasin

Akbar, Ferry Fadillah (2020) Pendidikan Membangun Karakter Nilai-Nilai Percaya Diri Pada Siswa Di MA SMIP 1946 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (541kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (95kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (194kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan sikap percaya diri merupakan hal utama yang harus dimiliki seorang siswa dalam belajar, juga dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan sikap percaya diri akan ada suatu keyakinan dalam diri individu terhadap segala aspek kelebihan dan kemampuan yang dimilikinya Dengan keyakinan tersebut mampu untuk mencapai berbagai tujuan dalam. hidupnya. Oleh karena itu, pendidikan menjadi salah satu bagian dalam membangun karakter percaya diri siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan membangun karakter nilai-nilai percaya diri pada siswa di MA SMIP 1946 Banjarmasin dan faktor pendukungnya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan dalam pengolahan data digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas XII MIA/IIS yang menagajar mata pelajaran Akidah Akhlak 1 orang dan siswa MA SMIP 1946 yang berjumlah 8 orang. Objek penelitian ini adalah pendidikan membangun karakter nilai-nilai percaya diri pada siswa di MA SMIP 1946 Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa pendidikan membangun karakter nilai-nilai percaya diri pada siswa di MA SMIP 1946 Banjarmasin terbagi menjadi 1) Menanamkan kemampuan diri, 2) Mendorong untuk menunjukkan sikap konformis (kenyamanan) demi diterima oleh orang lain atau kelompok, 3) Mendidik supaya berani menerima dan menghadapi penolakan orang lain, 4) Menanamkan pengendalian diri yang baik, 5) Membimbing dalam menumbuhkan pribadi yang memiliki internal locus of control (keberhasilan atau kegagalan tergantung usaha sendiri), dan yang ke-6) Menumbuhkan cara pandang positif. Sedangkan faktor pendukung pendidikan membangun karakter nilai-nilai percaya diri pada siswa di MA SMIP 1946 Banjarmasin terbagi menjadi 1) Perhatian orang tua, 2) Lingkungan dan 3) Interaksi sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Ferry Fadillah Akbar
Date Deposited: 12 Feb 2020 02:20
Last Modified: 12 Feb 2020 02:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13636

Actions (login required)

View Item View Item