EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Budaya Membaca Al-Qur’an dan Implikasinya terhadap Pembinaan Akhlak Siswa Kelas XI MAN 2 Model Banjarmasin

Ratih, Ratih (2020) Budaya Membaca Al-Qur’an dan Implikasinya terhadap Pembinaan Akhlak Siswa Kelas XI MAN 2 Model Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (727kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Budaya membaca Al-Qur'an di MAN 2 Model Banjarmasin merupakan kebiasaan yang dilakukan dengan keinginan sendiri penuh kesadaran tanpa ada paksaan dalam membaca Al-Qur’an yang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan sebelum pelajaran dimulai yang berimplikasi pada pembinaan akhlak siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah budaya mmbaca Al-Qur'an pada kelas XI MAN 2 Model Banjarmasin dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Adapun subjek dalam penelitian adalah 4 orang guru dan 10 siswa kelas XI MAN 2 Model Banjarmasin. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dilapangan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkkan bahwa terdapat dua hal yang berkaitan dalam menjalankan budaya membaca Al-Qur'an, pertama pelaksanakan selama 10-15 menit sebelum pelajaran, kedua teknis pelaksanaan dimulai dengan adanya pengawasan dan didampingi oleh guru namun bisa juga tidak diawasi serta ada perbedaan teknis urutan dalam membaca Al-Qur'an, Asma'ul Husna, dan doa. Implikasi dari budaya membaca Al-Qur'an terhadap pembinaan akhak siswa dilakukan dengan metode pembiasaan yang berdampak pada sikap siswa yang muncul berupa kedisiblinan siswa, kebiasaan siswa mengucap salam ketika bertemu guru dan menghargai teman, menumbuhkan sifat siswa untuk selalu mengingat Allah Swt. dan merasa segala perbuatan akan selalu diawasi oleh Allah Swt. memudahkan siswa dalam menghafal Al-Qur’an serta lebih berkonsentrasi ketika pembelajaran, dan hati menjadi tenang. Adapun faktor pendukung yaitu keinginan dan dukungan dari kepala Madrasah, dewan guru, dan siswa, ketepatan guru masuk ke dalam kelas dan sarana prasarana yang mendukung. Adapun faktor penghambat antara lain kedisiblinan siswa seperti datang terlambat atau mengerjakan tugas di dalam kelas, dan tidak mengikuti dengan sungguh-sungguh serta latarbelakang pendidikan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: APRILIA APRILIA APRILIA
Date Deposited: 30 Jun 2020 02:23
Last Modified: 30 Jun 2020 02:23
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14312

Actions (login required)

View Item View Item