EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Fenomena Katarsis di Jejaring Sosial Facebook(Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Humaniora)

Masnah, Masnah (2015) Fenomena Katarsis di Jejaring Sosial Facebook(Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Humaniora). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial terutama facebook sebagai tempat untuk mengekspresikan dan melepaskan emosi terpendamnya (katarsis). Fenomena katarsis di facebook ini sendiri juga tak luput ada di kalangan mahasiswa Jurusan Psikologi Islam. Berdasarkan wawancara awal dengan beberapa mahasiswa Jurusan Psikologi Islam yang merupakan pengguna aktif facebook, diakui bahwa facebook memang sering dijadikan sebagai media untuk meluapkan emosi atau berkatarsis. Tujuan penelitian ini sendiri ialah untuk menggambarkan berbagai emosi yang ditampilkan serta bentuk pengungkapan katarsisnya, menggali alasan yang melatarbelakangi katarsis di facebook, serta mengkaji dampak psikologis pasca katarsis di facebook yang dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Psikologi Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mengkaji fenomena katarsis di facebook. Pendekatan yang digunakan ialah jenis pendekatan studi kasus, sehingga data penelitian bisa digali secara mendalam. Adapun subjek penelitian ini ialah 4 orang mahasiswa dari Jurusan Psikologi Islam yang aktif sebagai pengguna facebook dan biasa berkatarsis di akun facebooknya. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil temuan, emosi yang ditampilkan oleh keempat subjek di facebook mencakupi emosi positif dan juga emosi negatif, di antaranya berupa rasa senang, syukur, bangga, kerinduan, sedih, marah, kesal, kecewa, khawatir, kesepian, rasa bersalah dan lainnya. Bentuk pengungkapannya kebanyakan ialah berupa status update. Terdapat beberapa alasan yang melatarbelakangi subjek berkatarsis di facebook, yakni: facebook dinilai sebagai media untuk curhat, anggapan subjek bahwa fenomena katarsis di facebook adalah wajar, kebutuhan alami manusia untuk mengekspresikan emosi, adanya hambatan atau kesulitan untuk mengungkapkan dan meluapkan emosi secara langsung pada orang terdekat, serta adanya tujuan lain yang diinginkan dengan berkatarsis di facebook. Adapun mengenai dampak psikologis setelah berkatarsis di facebook, umumnya subjek merasakan adanya kelegaan karena tekanan psikologis yang dirasakan sebelumnya telah berkurang. Selain itu juga adanya rasa senang apabila mendapat tanggapan positif dari pengguna facebook lain, yang diartikan sebagai bentuk kepedulian orang lain terhadap dirinya. Aktivitas katarsis ini pun kemudian dapat menjadi feedback bagi individu yang bersangkutan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 10 Jul 2020 02:36
Last Modified: 10 Jul 2020 02:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14474

Actions (login required)

View Item View Item