EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

تعليم اللغة العربية كمادة التخصص في الفصل الثاني عشر قسم العلوم الدينية في الددرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الأولى بنجرماستُ (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI MATA PELAJARAN PEMINATAN PADA KELAS XII JURUSAN ILMU - ILMU AGAMA DI MAN 1 BANJARMASIN )

Saprani, Saprani (2020) تعليم اللغة العربية كمادة التخصص في الفصل الثاني عشر قسم العلوم الدينية في الددرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الأولى بنجرماستُ (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI MATA PELAJARAN PEMINATAN PADA KELAS XII JURUSAN ILMU - ILMU AGAMA DI MAN 1 BANJARMASIN ). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (805kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (899kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (853kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (471kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (508kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penulis menyajikan penelitian tentang pembelajaran Bahasa Arab sebagai mata pelajaran peminatan di MAN 1 Banjarmasin. Rumusan penelitian ini adalah; Bagaimana perencanaan pembelajaran bahasa Arab sebagai mata pelajaran peminatan di MAN 1 Banjarmasin ? Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa arab sebagai mata pelajaran peminatan di MAN 1 Banjarmasin ? Bagaimana evaluasi pembelajaran bahasa Arab sebagai mata pelajaran peminatan di MAN 1 Banjarmasin dan faktor apa saja yang mempengaruhi pembelajaran bahasa Arab peminaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metodologi deskriftif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah sekolah, guru Bahasa Arab dan siswa kelas XII jurusan Agama di MAN 1 Banjarmasin. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab peminatan di MAN 1 Banjarmasin tersebut terbagi kepada 3; perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada perencanaan guru membuat RPP untuk satu semester dan pada pelaksanaan guru menggunakan metode langsung,strategi dan media mengajar, memberi nasehat dan motivasi serta memberikan latihan dan tugas. Pada evaluasi guru memberikan tugas serta latihan, dan membentuk lingkungan berbahasa untuk membiasakan siswa dalam berbicara bahasa Arab. Adapun faktor pendukung pada pembelajaran bahasa Arab peminatan di MAN 1 Banjarmasin adalah; Pada pelaksanaan pembelajaran, materi yang disampaikan dijelaskan dengan bahasa yang sederhana atau mudah dipahami, serta penggunaan metode ceramah dan metode langsung. Pengetahuan guru yang luas akan materi, memudahkan siswa memahami dengan jelas materi yang disampaikan. Sedangkan Faktor Penghambat pada pembelajaran bahasa Arab peminatan di MAN 1 Banjarmasin adalah; Guru dituntut memiliki kompetensi Profesional yaitu memiliki penguasaan terhadap bahan pengajaran, bahan pengayaan, menyusun program pengajaran, pemilihan media, pengaturan ruang belajar, pelaksanaan program pengajaran, pengelolaan interaksi belajar mengajar serta penilaian. Pada pelaksanaan pembelajaran, masih ada siswa yang kurang memperhatikan saat pembelajaran. Hal ini dikarenakan kurangnya perhatian guru terhadap siswa yang memiliki kebiasaan buruk tersebut. Sarana prasarana atau alat pelajaran sangat diperlukan untuk menunjang pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 19 Nov 2020 01:21
Last Modified: 19 Nov 2020 01:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14913

Actions (login required)

View Item View Item