EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Pendidikan Agama Berbasi Boarding School di SMK Negeri PP Pelaihari

Maelani, Susi (2020) Implementasi Pendidikan Agama Berbasi Boarding School di SMK Negeri PP Pelaihari. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (787kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Implementasi Pendidikan agama merupakan salah satu kegiatan yang ada di SMK Negeri PP Pelaihari. Untuk merealisasikan penerapan Pendidikan agama yang terwujud dengan baik maka pihak sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. Dengan adanya boarding school untuk penerapan Pendidikan agama menjadi lebih mudah. Maka fokus masalah dalam penelitian ini adalah penerapan Pendidikan agama yang dilaksanakan di SMK Negeri PP Pelaihari, Faktor pendukung dan penghambat proses Pendidikan agama di SMK Negeri PP Pelaihari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah dan Guru di SMK Negeri PP Pelaihari. Sedangkan yang menjadi objek penelitiannya adalah penerapan Pendidikan agama serta faktor pendukung dan penghambat proses Pendidikan agama di SMK Negeri PP Pelaihari. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dilapangan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data yang dikumpulkan terkumpul, selanjutnya proses melalui editing, klasifikasi data, interpretasi data, dan Analisa data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pendidikan agama berbasis boarding school di SMK Negeri PP Pelaihari yaitu penerapan Pendidikan agama yang sudah dijalankan dengan baik oleh semua elemen yang ada lingkungan sekolah. Boarding school sendiri memiliki peran yang sangat besar untuk terwujudnya penerapan Pendidikan agama kepada peserta didik. Adapun bentu penerapan Pendidikan agama berbasis boarding school diantaranya: sholat wajib berjamaah yang dilanjutkan tadarus Al-Qur’an, pembacaan syair habsy, tauhid, arab melayu, tilawah qur’an, kegiatan kerohanian malam jumat, dan muhadharah. Adapun faktor pendukung dalam penerapan Pendidikan agama berbasis boarding school di SMK Negeri PP Pelaihari yaitu Pendidikan guru, keluarga, dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor keluarga dan peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 01 Dec 2020 00:27
Last Modified: 01 Dec 2020 00:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14955

Actions (login required)

View Item View Item