EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Materi Muamalah Kelas IX di MTS Muhammadiyah 1 Banjarmasin pada Masa Pandemi Covid-19

Zakaria, Ahmad Irfan (2021) Pembelajaran Materi Muamalah Kelas IX di MTS Muhammadiyah 1 Banjarmasin pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (357kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (945kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pokok permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah berawal dari sebuah keprihatinan terhadap pembelajaran yang terdampak oleh pandemi covid-19 dimana dalam kegaiatan pembelajaran sering kali terjadi permasalahan yang dialami oleh guru maupun siswa. dalam menyampaikan materi pembelajaran sering kali terhalang oleh kemampuan seorang guru dalam menggunakan media yang menunjang pembelajaran daring seperti google classroom, zoom meet ataupun whatsapp dan sering juga terjadi ketika guru telah menguasai media tersebut, terkadang siswa nya kurang berminat karena alasan bosan hanya belajar secara daring hingga hal ini membuat pembelajaran menjadi kurang efektif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai Pembelajaran Materi Muamalah Kelas IX di MTS Muhammadiyah 1 Banjarmasin pada masa pandemi covid-19. Objek dalam penelitian ini adalah mengenai Pembelajaran Materi Muamalah Kelas IX di MTS Muhammadiyah 1 Banjarmasin pada masa pandemi covid-19, sedangkan yang menjadi subjek penelitiannya adalah Guru fikih dan peserta didik kelas IX yang ada di MTS Muhammdiyah 1 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu pendekatan yang lebih menekankan pada proses pengumpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dengan mengggunakan logika ilmiah. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses dengan melakukan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa Pembelajaran Materi Muamalah Kelas IX di MTS Muhammadiyah 1 Banjarmasin pada pademi covid-19 tergolong kurang efektif yang disebabkan karena pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, banyak siswa yang kurang memperhatikan dengan alasan pembelajarannya kurang menarik dan membosankan. Hal tersebut tentu dipengaruhi oleh minat dan perhatian siswa yang kurang dalam pembelajaran, namun kemampuan guru dalam menggunakan media untuk menunjang pembelajaran daring seperti menggunakan google classroom, zoom meet dan whatsapp sudah cukup baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zahratul Zahratul Ulya Zahratul Ulya
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:29
Last Modified: 03 Feb 2021 01:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15258

Actions (login required)

View Item View Item