EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Guru Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Pada Peserta Didik di Sdn Pengambangan 6 Banjarmasin Timur

Aprimanaga, Yan Rizky (2021) Strategi Guru Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Pada Peserta Didik di Sdn Pengambangan 6 Banjarmasin Timur. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
01 pernyataan.pdf

Download (38kB)
[img] Text
02 awal.pdf

Download (228kB)
[img] Text
03 abstrak.pdf

Download (15kB)
[img] Text
04 bab 1.pdf

Download (281kB)
[img] Text
05 bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
06 bab 3.pdf

Download (91kB)
[img] Text
07 pdf 4.pdf

Download (344kB)
[img] Text
08 pdf 5.pdf

Download (22kB)
[img] Text
09 daftar pustaka.pdf

Download (70kB)
[img] Text
10 lampiran.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

ABSTRAK Yan Rizky Aprimanaga. 2020. Strategi Guru Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Pada Peserta Didik di SDN Pengambangan 6 Banjarmasin Timur Tahun 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing:(I) Dr. Ani Cahyadi Maseri, S.Ag., M.Pd, (II) Muhammad Adli Nurul Ihsan, M.Pd. I. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan sikap toleransi pada peserta didik, mengetahui hambatan yang dialami guru serta mengetahui solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam menanamkan sikap toleransi pada peserta didik di SDN Pengambangan 6 Banjarmasin Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan dengan terjun ke lapangan mengenai strategi guru dalam menanamkan sikap toleransi pada peserta didik di SDN Pengambangan 6 Banjarmasin Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu pendekatan penelitian yang hasilnya berupa uraian secara utuh dan menyeluruh tentang objek penelitian yang ditetapkan dengan didukung oleh data-data dari lapangan. Objek dalam penelitian ini adalah strategi guru dalam menanamkan sikap toleransi pada peserta didik, guru wali kelas III dan kelas VI dan beberapa orang peserta didik di SDN Pengambangan 6 Banjarmasin Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan analisis data interaktif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa SDN Pengambangan VI telah melakukan upaya penanaman sikap toleransi kepada para siswanya melalui kebijakan sekolah yaitu dengan cara merumuskan visi, misi, tujuan, dan peraturan sekolah yang berkaitan dengan sikap toleransi serta memberikan contoh sikap toleransi dengan cara menunjukkan sikap hidup rukun dengan sesama guru dan memperlakukan siswa tanpa pilih kasih. Adapun kendala-kendala yang dialami oleh guru berupa kesulitan dalam menanamkan sikap toleransi kepada siswa yang nakal dikarenakan sulit untuk dikondisikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Yan Rizky Aprimanaga
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:48
Last Modified: 23 Feb 2021 06:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15496

Actions (login required)

View Item View Item