EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

STRATEGI BISNIS OJEK SYARIAH AKHWAT JEK DAN IKHWAN JEK DI KOTA BANJARMASIN

Mariani, Mariani (2020) STRATEGI BISNIS OJEK SYARIAH AKHWAT JEK DAN IKHWAN JEK DI KOTA BANJARMASIN. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (946kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] Text
RIWAYAT HDUP DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari maraknya bisnis ojek di Indonesia, baik ojek konvensional maupun ojek online berbasis aplikasi. Baru-baru ini muncul pula ojek-ojek dengan akad syariah atau disingkat sebagai ojek syariah. Penulis pun tertarik untuk melakukan penelitian terhadap salah satu ojek syariah yang beroperasi di kota Banjarmasin yakni Akhwat Jek dan Ikhwan Jek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis ojek yang terapkan oleh pihak Akhwat Jek dan Ikhwan jek. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yaitu suatu penelitian di mana penulis terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang mengumpulkan dan menganalisis data berupa kata-kata dan perbuatan manusia. Adapun metode yang digunakan sebagai alat analisis untuk mengukur strategi usaha ojek syariah Akhwat Jek dan Ikhwan Jek, penulis menggunakan metode analisis SWOT. Hasil penelitian ini adalah kekuatan yang dimiliki oleh Akhwat Jek dan Ikhwan Jek adalah kajian keagamaan rutin setiap minggu oleh para pengemudi dan pembagian keuntungan yang transparan dalam perusahaan. Adapun kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan adalah sistem pemesanan ojek yang lambat dan tarif harga antar konsumen yang tidak transparan. Sedangkan jika dilihat dari segi peluang, Akhwat Jek dan Ikhwan Jek memiliki peluang usaha yang baik dalam memanfaatkan pasar ojek yang terbuka luas, hemat promosi melalui internet, dan respon positif masyarakat terhadap keberadaan ojek syariah di Indonesia. Sementara untuk ancaman yang dihadapi oleh perusahan yakni sulitnya menembus pasar ojek dengan persaingan ketat dan semakin banyak pesaing baru yang muncul dengan teknologi canggih. Dari analisis SWOT tersebut kemudian mendapatkan hasil yang memaksimalkan kekuatan dan peluang serta meminimalkan adanya kelemahan dan ancaman dalam usaha ojek syariah Akhwat Jek dan Ikhwan Jek.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:45
Last Modified: 25 Feb 2021 06:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15522

Actions (login required)

View Item View Item