EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Jemaah Haji Kota Banjarmasin Tahun 2019

Damayanti, Evita (2021) Manajemen Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Jemaah Haji Kota Banjarmasin Tahun 2019. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penyelenggaran pelayanan kesehatan Jemaah haji yang baik merupakan hal yang cukup krusial dalam mewujudkan istithaah kesehatan Jemaah haji sebelum keberangkatannya ke Tanah suci. Oleh karena itu penelitian ini mencoba melihat bagaimana manajemen penyelenggaraan pelayanan kesehatan Jemaah haji serta factor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam proses penyelenggaraan kesehatan haji di Kota Banjarmasin tahun 2019. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif . Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data dalam penelitian berupa datadata kualitatif yang berupa data primer dan data sekunder. Data-data diperoleh melalui observasi , wawancara dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian di analisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pelayanan kesehatan haji di Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, meliputi fungsi manajemen yaitu perencanaan dalam pelayanan kesehatan dengan pembuatan rencana kegiatan, menetapkan metode, maupun menentukan lokasi dan fasilitas yang diperlukan. Pengorganisasian pada pihak Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dan pada pihak Puskesmas. Penggerakan dengan menjalankan semua proses perencanaan yang telah ditetapkan. Pengawasan dengan menetapkan standar pengawasan, dan terakhir faktor pendukung dengan kerjasama, kordinasi dan SDM yang cukup oleh panitia membuat pelayanan menjadi lebih baik, serta faktor penghambat dalam pelayanan kesehatan yaitu pada jemaah yang kurang disiplin waktu dan latar belakang jemaah yang berbeda-beda. Sedangkan untuk aspek yang dilayani Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin meliputi pemeriksaan fisik dari kepala hingga perut, pemeriksaan penunjang meliputi laboratorium yang meliputi pemeriksaan darah, urine, tes kehamilan, tes kebugaran dan vaksinasi haji yang meliputi imunisasi meningitis dan influenza.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 07 Mar 2021 13:37
Last Modified: 07 Mar 2021 13:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15628

Actions (login required)

View Item View Item