EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Minat Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas IV MI Darul Istiqamah Banjarmasin

Marfuah, Marfuah (2021) Minat Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas IV MI Darul Istiqamah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (738kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (964kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang minat belajar pada mata pelajaran bahasa Arab di MI darul Istiqamah Banjarmasin. Permasalahan yang difokuskan pada penelitian ini adalah: bagaimana minat belajar pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas IV MI Darul Istiqamah Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas IV MI darul Istiqamah Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas IV MI Darul Istiqamah Banjarmasin. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah minat belajar pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas IV MI Darul Istiqamah Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian dengan cara menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematis sehingga lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan melalui wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa minat belajar pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas IV MI Darul Istiqamah Banjarmasin dilihat dari data-data dan indikator pertanyaan yaitu perasaan ketika belajar pelajaran bahasa Arab, perhatian peserta didik ketika belajar pelajaran bahasa Arab, mengerjakan PR yang diberikan guru bahasa Arab, bersemangat dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab, selalu berusaha menjawab pertanyaan dari guru, dan mendapat pengetahuan baru dan manfaat setelah mempelajari pelajaran bahasa Arab sudah baik dan terlihat minatnya akan pelajaran bahasa Arab. Sedangkan berkenaan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya minat belajar yaitu, faktor individu dapat dikatakan sudah baik pemahaman peserta didik terhadap pelajaran bahasa Arab, guru cukup menguasai materi pelajaran bahasa Arab yang diajarkan, lingkungan sekitar tempat belajar atau yang dimaksud pada penelitian ini lingkungan keluarga juga mendukung peserta didik untuk belajar dari rumah, motivasi dan bimbingan dari orangtua serta kecerdasan peserta didik sehingga mudah memahami pelajaran bahasa Arab.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SKRIPSI Marfuah Marfuah
Date Deposited: 09 Mar 2021 13:35
Last Modified: 09 Mar 2021 13:35
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15718

Actions (login required)

View Item View Item