EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Faraid di Kelas I Wustho Pondok Pesantren Darussalam Martapura Kabupaten Banjar Tahun Ajaran 2021/2022

Syarifah, Syarifah (2021) Pembelajaran Faraid di Kelas I Wustho Pondok Pesantren Darussalam Martapura Kabupaten Banjar Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (255kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Kata Kunci: Pembelajaran, Faraid, Pondok Pesantren Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hadis Nabi Muhammad saw mengenai betapa pentingnya belajar ilmu faraid. Ilmu faraid ini merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di pondok pesantren Darussalam Martapura sebagai pondok pesantren tertua di Kalimantan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses pembelajaran ilmu faraid untuk santriwati kelas I Wustho di Pondok Pesantren Darussalam Kabupaten Banjar yang meliputi perencanaan dan plaksanaan pembelajaran dan mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran ilmu faraid untuk santriwati kelas I Wustho di Pondok Pesantren Darussalam Kabupaten. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru yang mengajar faraid di kelas I wustho pondok Pesantren Darussalam Martapura dan yang menjadi objek penelitian adalah pembelajaran faraid di kelas I wustho dan faktor yang memengaruhi pembelajaran faraid di Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data penulis menggunakan model flow analysis models yang terdiri dari tiga aktivitas yaitu reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat diketahui bahwa mengenai pembelajaran faraid di kelas I wustho Pondok Pesantren Darussalam Martapura Kabupaten Banjar tahun ajaran 2021/2022 terlaksana dengan cukup baik. Namun sebelum mencapai sesuatu yang dikatakan mengenai “pembelajaran yang sempurna” maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal perencanaan pembelajaran seperti konsistensi mengenai perencanaan itu sendiri dan pelaksanaan pembelajarannya seperti melakukan evaluasi dalam pembelajaran. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran faraid ini dapat dilihat dari sisi guru, peserta didik, sarana dan prasarana, serta lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SERI RATNA SERI RATNA HAPSYAH SERI RATNA HAPSYAH
Date Deposited: 30 Jul 2021 00:36
Last Modified: 30 Jul 2021 00:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16646

Actions (login required)

View Item View Item