EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Ustadzah dalam Membina Santriwati yang Pertama Kali Mengalami Haid di Pondok Pesantren Darul Ilmi

Rusmadiansyah, Rusmadiansyah (2021) Peran Ustadzah dalam Membina Santriwati yang Pertama Kali Mengalami Haid di Pondok Pesantren Darul Ilmi. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (359kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran ustadzah dalam membina santriwati yang pertama kali mengalami haid dan faktor pendukung serta penghambat ustadzah dalam membina santriwati saat mengalami haid yang pertama kali di pondok pesantren Darul Ilmi. Pada pembahasan dalam penelitian ini, penulis hanya akan membahas ustadzah karena yang berhubungan dengan kebiasaan wanita yaitu haid dan darah lainnya (istihadlah), terlebih pada lembaga pondok pesantren Darul Ilmi Liang Anggang Banjarbaru km 19.200, di pondok ini keinginan penulis adalah mengetahui seberapa besar peran ustadzah dalam memberikan pembinaan kepada santriwati dalam menangani haid pertama kali. Selaras dengan kajian Yustiana dan Endah dalam jurnal psikologi pendidikan dan perkembangan, menjelaskan anak perempuan mencapai pubertas diusia yang lebih awal diindikasikan penyebabnya antara lain adalah faktor genetik, perbaikan nutrisi, serta lingkungan yang memicu stres. Santriwati yang mondok di pondok pesantren Darul Ilmi Kota Banjarbaru dengan menggunakan sistem pembelajaran afiliasi dan salafiyah atau khusus belajar agama selama kurang lebih 10 jam pembelajaran, dalam hal ini santriwati banyak yang mengeluh dan merasa tingkat pembelajaran begitu tinggi sehingga membuat mereka stress. Dilihat dari permasalahan tersebut maka besar kemungkinan akan berdampak pada konsentrasi belajar siswa. Oleh karena itu seorang wanita wajib mengetahui hukum yang berhubungan dengan darah tersebut. Jenis Penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan karakteristik alami (natural setting). Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang ustadzah dan sejumlah santriwati yang pertama kali mengalami haid di pondok pesantren Darul Ilmi. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui editing, klasifikasi dan interpretasi data, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan yang terakhir melakukan pemeriksaan data dengan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penyajian data analisis data dan pemeriksaan data dapat disimpulkan bahwa peran ustadzah dalam membina santriwati yang pertama mengalami haid di pondok pesantren Darul Ilmi dilakukan dengan tiga faktor yaitu; 1) mengajar, 2) membimbing, 3) Membina dan dalam membina santriwati yang pertama kali mengalami haid di pondok pesantren Darul Ilmi ustadzah menghadapi dua faktor, yaitu: 1) faktor pendukung, 2) faktor penghambat.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 09 Aug 2021 01:45
Last Modified: 09 Aug 2021 01:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16874

Actions (login required)

View Item View Item