EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Pendidikan Islam (Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib) pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Banjarmasin

Saidah, Saidah (2021) Implementasi Pendidikan Islam (Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib) pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (337kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (859kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Islam (Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib), Madrasah Penelitian ini dilatarbelakangi Konferensi Pendidikan Islam pertama yang berlangsung di University of King Abdul Aziz pada tahun 1977. Hasil Konferensi tersebut adalah bahwa Pendidikan Islam sebagai keseluruhan makna atau pengertian yang tersimpul dalam konsep tarbiyah, ta’lim dan ta’dib. Ketiga konsep tersebut menjadi tolak ukur dalam proses implementasi atau pelaksanaan pendidikan Islam (baik dalam konteks kelembagaan maupun proses belajar mengajar pendidikan Islam khususnya di lembaga pendidikan Islam formal). Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research) yaitu penulis terjun langsung ke lokasi penelitian dengan tujuan untuk mendapatkan dan mengumpulkan informasi mengenai implementasi pendidikan Islam (Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib) pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Banjarmasin. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan dan guru-guru mata pelajaran agama Islam pada madrasah Tsanawiyah Negeri se Kota Banjarmasin. Hasil penelitian ini adalah : 1. Bentuk dan proses Implementasi Pendidikan Islam (Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib) pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Banjarmasin adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler sebagai bentuk implementasi dari konsep tarbiyah, kegiatan belajar mengajar sebagai bentuk implementasi dari konsep ta’lim dan kegiatan keagamaan sebagai bentuk implementasi dari konsep ta’dib. 2. Hal yang mendukung dan menghambat dalam Implementasi Pendidikan Islam (Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib) yaitu, a) Hal yang mendukung terdiri dari pendidik yang yang profesional, bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang banyak, motivasi dan minat peserta didik yang tinggi, alat dan media pembelajaran yang cukup lengkap serta lingkungan madrasah yang mendukung, b) Hal yang menghambat terdiri dari pendidik yang kurang menguasai teknologi, metode dan strategi pembelajaran, peserta didik yang kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, sarana pendidikan yang kurang memadai, tidak ada dukungan ornag tua dan keluarga serta pengaruh lingkungan masyarakat. 3. Analisis implementasi ideal pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah yaitu pelaksanaan dari program dan kegiatan pendidikan Islam yang komprehensif dan menyeluruh serta berorientasi pada seluruh aspek yang dimiliki peserta didik, baik berorientasi dalam meningkatkan kualitas intelektual peserta didik (aspek intelektualitas), berorientasi dalam mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki peserta didik, berorientasi dalam membina kepribadian peserta didik (aspek personalitas), dan berorientasi dalam menanamkan nilai akhlak dan budi pekerti yang baik (aspek spritualitas).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wahidah Wahidah Wahidah
Date Deposited: 12 Oct 2021 01:28
Last Modified: 12 Oct 2021 01:28
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17313

Actions (login required)

View Item View Item