EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pesan Dakwah Dalam Film Iqro`: My Universe (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Sofiah, Gusti Mariatul (2021) Pesan Dakwah Dalam Film Iqro`: My Universe (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (123kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (417kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (916kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya tayangan untuk anak-anak dan keluarga di antara menjamurnya film-film di Indonesia. Saat ini, film-film Indonesia banyak didominasi oleh film-film yang menyajikan kisah cinta remaja, dan horror. Film Iqro`: My Universe muncul dengan tema dan genre yang berbeda sebagai wujud kepedulian Masjid Salman ITB pada permasalahan masyarakat Indonesia. Salman Film Academy memproduksi film Iqro` yang ditujukan untuk semua umur dan selain fungsi film sebagai tontonan yang menghibur, film ini juga dapat menjadi tuntunan bagi manusia terutama anak-anak dan remaja. Film sebagai media dakwah audio visual adalah media yang sangat tepat untuk menyampaikan dakwah kepada mad’u. Penelitian ini menganalisis nilai-nilai pesan dakwah yakni pesan akhlak yang disajikan melalui adegan, dialog, plot, dan unsur lainnya dalam film Iqro`. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah studi dokumen dan wawancara. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah Semiotika Roland Barthes untuk menemukan pesan akhlak dalam film Iqro`. Dalam satu film berdurasi 101 menit ini, terdapat banyak pesan dakwah yakni akhlak di dalamnya, Pesan dakwah ini dapat diketahui setelah melalui analisis Semiotika Roland Barthes. Analisis ini dipakai untuk mendapatkan keterangan dari isi komunikasi yang disampaikan dalam bentuk lambang atau tanda. Pada teori Roland Barthes, semiotika menjadi dua tingkatan pertandaan, yaitu denotasi dan konotasi. Disimpulkan bahwa dalam film ini terdapat 25 pesan dakwah berupa pesan akhlak yang disajikan dalam film ini. Film Iqro` adalah film sekuel yang menjadi film yang menawarkan hal baru yang belum ada sebelumnya di Indonesia yaitu memadukan tiga konsep: keluarga, religi, dan sains. Untuk itu, penulis menyarankan kepada pembuat film agar terus mengembangkan tema dan genre film yang bukan hanya sebagai tontonan tapi juga tuntunan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 17 Nov 2021 00:54
Last Modified: 17 Nov 2021 00:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17546

Actions (login required)

View Item View Item