EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AMIN SUNGAI DANAU .

Ravika, Zairotun (2022) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AMIN SUNGAI DANAU . Skripsi, Tarbiyah dan keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN - Zairotun Ravika.pdf

Download (242kB)
[img] Text
AWAL - Zairotun Ravika.pdf

Download (622kB)
[img] Text
ABSTRAK - Zairotun Ravika.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB I - Zairotun Ravika.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II - Zairotun Ravika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III - Zairotun Ravika.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV - Zairotun Ravika.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - Zairotun Ravika.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Zairotun Ravika.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN - Zairotun Ravika.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kemampuan bertanya siswa pada pembelajaran tematik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Sungai Danau dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran metode mind mapping terhadap keterampilan bertanya siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Sungai Danau. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka-angka dan analisis sebagai alat menemukan keterangan menggunakan statistik mengenai apa yang ingin kita ketahui. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sungai Danau sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara tes unjuk kerja siswa. Hasil kemampuan siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode mind mapping dari nilai rata-rata pretest 55,52 menjadi 82,15 pada nilai rata-rata posttest tersebut berkualifikasi “Tinggi”. Sedangkan pada kelas kontrol dapat diketahui nilai rata-rata 52,97 menjadi 74,74 pada nilai rata-rata posttest tersebut berkualifikasi “sedang”. Setelah mengetahui nilai rata-rata selanjutnya peneliti melakukan uji normalitas dan homogen guna untuk mengetahui apakah data tersebut normal atau homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogen maka dapat diketahui data tersebut bersifat normal dan homogen dengan hasil pada kelas eksperimen pretest posttest adalah 0,401 dan 0,481, sedangkan kelas kontrol nilai sig. pretest-posttest juga 0,283 dan 0,184 yang mana nilai tersebut lebih besar dari pada 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa data tersebut berdistribusi normal. selanjutnya dari hasil uji homogenitas pretestposttest eksperimen dan kontrol yaitu 0,101 > 0,05 dan 0,215 > 0,05dimana lebih besar dari 0,05. Setelah diketahui data tersebut normal dan homogen, maka dapat dilakukan uji t untuk mengetahui perbedaan rata-rata pada dua kelompok atau dua sampel yang berbeda. Uji t dilakukan melalui uji Independent Sample T-Test dengan hasil uji t tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,040yang mana lebih kecil dari pada 0,05. maka dapat dikatakan ada pengaruh yang signifikan pada penerapan pengaruh metode mind mapping terhadap keterampilan bertanya siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Sungai Danau. Hal ini berdasarkan hasil uji t yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 31 Jan 2022 01:40
Last Modified: 31 Jan 2022 01:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18185

Actions (login required)

View Item View Item