EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS VII MTs PPKP SAMPIT PADA MATERI BILANGAN.

Safitri, Nabillah (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS VII MTs PPKP SAMPIT PADA MATERI BILANGAN. Skripsi, Tarbiyah dan keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text
AWAL .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Matematika memiliki peranan penting dan banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari, namun pada kenyataannya banyak siswa yang beranggapan mata pelaajaran ini cukup sulit, sehingga berdampak pada hasil belajarnya. Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru di MTs PPKP Sampit, diketahui bahwa banyak siswa tidak membaca terlebih dahulu materi sebelum pembelajaran, ditambah dengan model pembelajaran yang digunakan membuat siswa kurang aktif, serta dengan waktu yang terbatas, guru pun terbatas dalam menyampaikan isi materi. Oleh sebab itu, diperlukan model pembelajaran yang efektif dan dapat mengefisienkan waktu, sehingga siswa menjadi nyaman dan mudah menyerap isi materi pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran flipped classroom dan yang tidak menerapkan model pembelajaran flipped classroom, serta apakah terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran flipped classroom dengan menggunakan video pembelajaran terhadap hasil belajar di kelas VII MTs PPKP Sampit pada materi bilangan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi terdiri dari 153 orang siswa yang tersebar ke dalam lima kelas. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 orang siswa, yakni VII C dan VII D yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Datadata yang diperoleh pada penelitian ini didapat melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya yaitu penyajian data. Kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan deskripsi statistik dan menggunakan uji parametrik yaitu uji t dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan awal dan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran flipped classroom mengalami peningkatan dari nilai rata-rata kemampuan awalnya 38,13, menjadi 77,06, (2) kemampuan awal dan hasil belajar siswa yang tidak menerapkan model pembelajaran flipped classroom juga meningkat dari nilai rata-rata kemampuan awalnya 39,73, menjadi 65,53, (3) Terdapat pengaruh yang positif dari penerapan model pembelajaran flipped classroom dengan menggunakan video pembelajaran terhadap hasil belajar di kelas VII MTs PPKP Sampit pada materi bilangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:40
Last Modified: 03 Feb 2022 03:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18258

Actions (login required)

View Item View Item