EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Etika Komunikasi Dalam Pembuatan Channel Dakwah Di YouTube Studi Kasus Terhadap Channel Hastag Tv

Darussalam, Muhammad Lutfi (2021) Etika Komunikasi Dalam Pembuatan Channel Dakwah Di YouTube Studi Kasus Terhadap Channel Hastag Tv. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (38kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (530kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (986kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

YouTube memberikan batasan tentang permasalahan mengenai kode etik, dasar- dasar teguran pendoman komunitas mengenai tatacara berprilaku di YouTube dan hal-hal yang melanggar pendoman komunitas YouTube bahwa siapa yang melanggar akan mendapatkan teguran, mulai penghapusan konten atau perintah pengadilan. Hastag Tv adalah Channel YouTube yang menarik dan kreatif yang berpotensi untuk terkena masalah dalam hal urusan kode etik, karna pada saat prosess pembuatanya Hastag Tv menggunakan berbagai macam material komponen-komponen visual dari berbagai macam video, namun uniknya Hastag Tv masih bisa eksis dan tidak bermasalah dalam urusan kode etik. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti mengajukan sebuah pertanyaan, yaitu etika apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan konten dakwah di YouTube ?, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana dengan jelas jenis penelitian ini menggunakan analisis isi (content analisys), yaitu penelitian yang bersifat pembahasan secara mendalam mengenai isi atau informasi yang di teliti dan di dokumentasikan. Hasil penilaian menunjukkan bahwa Hastag Tv selalu memperhatikan tatacara pembuatan video di channel YouTubenya agar terhindar dari pelanggaran hak cipta dan memperhatikan bagaimana dia menghargai setiap material yang di dapatkan dalam pembuatan channel dakwah di YouTubenya dan mengkemas kombinasi dakwah dengan visual yang menarik agar bisa di nikmati oleh semua kalangan. Mulai dari memperhatikan bagaimana pembuatan thumbnail YouTube, bahasa persuasif yang tidak hanya pada video konten namun juga di caption dan mencantumkan sumber material dari mana saja Hastag Tv mendapatkannya. Hal ini dilakukan karena Hastag Tv memiliki target dakwah bukan hanya orang tua saja namun secara umum para kalangan anak muda juga yang sangat menyukai hal yang baru dan hal yang hangat untuk di bahas. Berdasarkan hasil analisa kode etik apa saja yang di perhatikan mengenai konten Hastag Tv, antara lain: Kode etik yang digunakan oleh Hastag Tv agar menjadikannya Channel YouTube yang menarik dan unik dan berbeda dari yang lainnya adalah, Hastag Tv menghindari konten yang mengandung unsur seksual. Hastag Tv menghindari konten yang merugikan dan berbahaya, Hastag Tv mengindari konten kebencian, kekerasan atau vulgar, menghindari pelecehan Cyberbullying, mengindari konten ancaman, memperhatikan hak cipta dengan mencantumkan sumber dari setiap komponen footage video yang dia gunakan dalam konten YouTubenya, menghargai privasi, mengikuti panduan YouTube dan mengutamakan keselamatan anak. Hastag Tv melakukan faktor penggunaan wajar agar terhindar dari permasalahan kode etik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 14 Feb 2022 00:19
Last Modified: 14 Feb 2022 00:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18395

Actions (login required)

View Item View Item