EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGEMBANGAN ALAT UKUR KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DAN KOMPETENSI INTERPERSONAL GURU PAI

Amrullah, Najib (2021) PENGEMBANGAN ALAT UKUR KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DAN KOMPETENSI INTERPERSONAL GURU PAI. Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (61kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRACT Najib Amrullah.pdf

Download (163kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (274kB)
[img] Text
5. BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (261kB)
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf

Download (921kB)
[img] Text
8. BAB V PEMBAHASAN.pdf

Download (379kB)
[img] Text
9. BAB VI PENUTUP.pdf

Download (97kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Pengembangan alat ukur kesejahteraan psikologis dan kompetensi interpersonal guru PAI harus dilakukan dengan mengikuti kaidah penelitian dan pengembangan R and D melalui berbagai langkah yang sudah digariskan oleh para ahli di bidang pengukuran psikologis atau psikometri. Penelitian ini bertujuan menggambarkan cara mengembangkan alat ukur kesejahteraan psikologis dan kompetensi interpersonal dan mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas serta menelaah hubungan antara kedua variabel tersebut. Penelitian menggunakan metode R and D melalui pendekatan prosedur pengembangan skala pengukuran yang dibuat oleh Saifudin Azwar yang langkah-langkah pengembangan alat ukurnya adalah sebagai berikut: (1) identifikasi tujuan ukur, (2) Pembatasan domain ukur (3) Operasional aspek, (4) penulisan item, (5) Uji coba bahasa, (6) Uji coba lapangan, (7) seleksi item, (8) validasi konstruk, (9) Kompilasi final. Data pada penelitian ini terbagi dua yakni data kualitatif dan data kuantitatif, bersifat kualitatif karena berupa uraian, saran, kritik dan masukan validator dan guru PAI sedangkan yang bersifat kuantitatif berupa angka numeral dan perhitungan statistik yang dihasilkan dari konversi pernyataan dari skala pengukuran yang direalisasikan dalam bentuk angket/kuesioner. Hasil temuan dari penelitian adalah: pertama; pengembangan alat ukur kesejahteraan psikologis guru PAI menggunakan adopsi dimensi dan indikator skala PWBS buatan Carol D Ryff dengan menggunakan pendekatan prosedur pengembangan alat ukur terlihat bahwa skala pengukuran ini valid dan reliabel serta bisa digunakan untuk mengukur konstruk/variabel penelitian, kedua: pengembangan alat ukur kompetensi interpersonal guru PAI menggunakan adopsi dimensi dan indikator dari Buhrmester, D., Furman, W., Wittenberg, M.T. dan Reis, D. melalui pendekatan prosedur pengembangan alat ukur terlihat bahwa skala pengukuran ini valid dan reliabel serta bisa digunakan untuk mengukur konstruk/variabel penelitian, ketiga; Uji korelasi dengan menggunakan tiga pendekatan yakni: melalui perbandingan r hitung dan r tabel (r hitung 0,756 >lebih besar daripada r tabel 0,076792), besaran signifikansi (nilai signifikansinya adalah 0,000 dan ini lebih kecil dari <0,005) dan dengan melihat besarnya Pearson correlation (besarnya adalah 0,756 atau tidak sama dengan 0) yang menunjukkan bahwa ada korelasi yang kuat antara variabel kesejahteraan psikologi dan kompetensi interpersonal guru PAI.

Item Type: Disertasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Mar 2022 01:55
Last Modified: 01 Mar 2022 01:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18627

Actions (login required)

View Item View Item