EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

UPAYA GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 3 BANJARMASIN

Rahmi, Adeliana (2022) UPAYA GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 3 BANJARMASIN. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (66kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (242kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (534kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi karena penurunan semangat siswa saat pembelajaran daring seperti kurang aktifnya siswa merespon saat pembelajaran berlangsung, kebanyakan siswa hanya menyimak tanpa aktif berdiskusi satu sama lain, guru BK sangat diperlukan tugasnya untuk mendampingi siswa untuk memotivasi belajarnya. Seperti halnya yang dilakukan oleh guru BK di MAN 3 Banjarmasin, di sekolah tersebut guru BK berperan aktif dalam mendampingi siswa tidak hanya dalam menuntaskan masalah pribadi siswa tetapi juga mendampingi siswanya dalam belajar secara daring. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa di MAN 3 Banjarmasin dan upaya yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di lingkungan MAN 3 Banjarmasin pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yakni pendekatan yang lebih menekankan analisisnya pada proses pengambilan simpulan yang bersifat deduktif atau induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Banjarmasin. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul penulis melakukan analisis mulai dari Data reduction, Data display, Conclusion drawing/Verification, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun dalam subjek penelitian ini adalah 4 orang guru BK dan objek penelitian ini adalah upaya guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di MAN 3 Banjarmasin. Hasil yang dapat diambil dari penelitian di sekolah MAN 3 Banjarmasin bahwa motivasi siswa dalam proses belajar pada masa pandemi sangat menurun karena kurang maksimalnya bimbingan konseling secara online ditambah lagi kendala dalam melakukan pembelajaran seperti kendala jaringan atau kendala dalam kuota internet hal tersebut tidak dapat dipantau secara langsung oleh guru dan upaya yang dilakukan guru BK dengan cara merekap hasil dari kehadiran siswa ataupun hasil dari tugas sekolah yang diberikan, apabila hasil rekap tersebut rendah maka guru akan menghubungi orang tua siswa apabila tidak ada respon maka guru BK melakukan home visit atau mendatangi kerumah siswa tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:03
Last Modified: 09 Mar 2022 03:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18709

Actions (login required)

View Item View Item