EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

STRATEGI FUNDRAISING ZAKAT PROFESI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Fatma, Nor Anida (2022) STRATEGI FUNDRAISING ZAKAT PROFESI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Skripsi, Dakwah dan Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (355kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan bagi setiap muslim yang telah sampai nisab dan haulnya. Seiring perkembangan zaman banyak profesi yang tidak mendapat kewajiban membayar zakat sebagaimana yang dijelaskan dalam al-qur’an, namun dalam fikih kontemporer muncul istilah baru yang dikenal dengan zakat profesi. Hal ini menjadi pertentangan di berbagai kalangan yang menyebabkan perlunya strategi dalam mengedukasi maupun sosialisasi untuk mengumpulkan zakat profesi ini, sebagaimana data dari BAZNAS tahun 2017 zakat profesi ini memiliki potensi yang sangat besar yaitu 286 Triliun, namun faktanya baru terkumpul Rp 6 Triliyun atau 2.1% dari potensi Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi perumusan, implementasi, dan evaluasi dari strategi fundraising zakat profesi yang dilakukan oleh BAZNAS Kalsel Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data-data primer dan sekunder dari hasil wawancara maupun dokumentasi serta perkembangan penerimaan zakat oleh BAZNAS Kalsel. Data akan dianalisa menggunakan analisis model Miles an Huberman setelah diverifikasi maka akan di analisa menggunakan analisis SWOT. Landasan teori yang digunakan yaitu Strategi, Analisis SWOT, Fundraising, dan Zakat Profesi. Hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dalam strategi fundraising BAZNAS Kalsel mempunyai tiga strategi dalam perumusan strategi yaitu membentuk UPZ (Unit Pengumpul Zakat), Melalui Ritel, dan melalui Partnership, kemudian strategi dalam implementasi strategi yaitu melalui UPZ, melalui Ritel, dan Partnership, serta strategi dalam evaluasi yaitu menggunakan IKK (Indikator Kinerja Kunci) dalam mengevaluasi ketiga strategi tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:08
Last Modified: 03 Jun 2022 07:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19249

Actions (login required)

View Item View Item