EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN DAKWAH DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN MIFTAHUSSALAM UNIT 121 DESA KELILING BENTENG ILIR KECAMATAN SUNGAI TABUK

El Izzati, Muhammad Husnul Fikrie (2022) MANAJEMEN DAKWAH DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN MIFTAHUSSALAM UNIT 121 DESA KELILING BENTENG ILIR KECAMATAN SUNGAI TABUK. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang ini dilandasi pada sudut yang memiliki bermacam-macam lembaga dakwah, salah satunya adalah Taman Pendidikan Al-Qur'an yang merupakan pembelajaran nonformal, di TK/SD/MI yang posisinya dinilai belum banyak waktu untuk menyelidikinya. TPA Al-Qur'an yang juga bertujuan untuk memiliki pilihan agar dapat terlihat berdampingan dengan sekolah-sekolah pendidikan formal, khususnya TK/SD/MI. Secara bersamaan, ini dapat membantu pekerjaan wali murid dalam pendidikan keagamaan di rumah, karena keadaan wali murid secara keseluruhan tidak siap dikarenakan faktor kesibukan atau faktor ketidaktahuan wali murid. Masalah utama pada penelitian ini yaitu: bagaimana sebuah manajemen dakwah pada TPA dengan membahas mengenai 4 fungsi manajemen, yaitu planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pergerakan), dan controllong (pengawasan). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu pengumpulan informasi yang spesifik melalui wawancara secara langsung, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menghasilkan yaitu TPA Miftahussalam Unit 121 telah melaksanakan 4 fungsi manajemen meskipun terdapat kekurangan pada fungsi manajemen di bagian actuating (pergerakan) yaitu dalam kegiatan dakwah bulanan sudah jarang dilaksanakan karena banyaknya anak-anak yang bermain diluar ruangan sehingga kurangnya pengawasan dari pengajar dan kegiatan dakwah tahunan tidak lagi dilaksanakan karena masa pandemi dan akan ditiadakan sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Adapun kegiatan dakwah yang menunjang aktifitas dakwah dilaksanakan secara harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Adapun acara tahunan nya yaitu festival anak sholeh Indonesia, wisuda santri, dan pawai hijriah 1 muharram. Disisi lain dalam hal faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen dakwah di TPA Miftahussalam Unit 121 yaitu : (a) Faktor Pendukung: Tersedianya sarana dan prasana yang memadai untuk keterpaduan pelaksanaan dakwah, memiliki pengelolaan manajemen yang baik, dan tanggung jawab antara ketua, kepala unit, pengajar dan murid. (b) Faktor Penghambat : yaitu kurang nya dana untuk memperluas bangunan belajar sehingga menghambat jalannya pembelajaran dan kurangnya pegawasan dari pengajar terhadap murid saat berlangsungnya acara. Banyak pengajar yang sudah berumah tangga yang tidak bisa mengawasi murid dan tidak dapat mengontrol langsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 06 Jun 2022 05:05
Last Modified: 06 Jun 2022 05:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19256

Actions (login required)

View Item View Item