EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MTsN 3 BANJARMASIN

Azizah, Nabilla (2022) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MTsN 3 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (996kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Kepala madrasah memiliki tugas yang memberikan pengaruh signifikan terhadap keberhasilan madrasah dan pendidik yaitu supervisor. Supervisi akademik diperlukan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran di madrasah. Guru berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memanusiakan manusia agar menjadi insan yang berakhlaq, berkarakter, unggul, dan berkualitas. Oleh karena itu, kedisiplinan seorang guru sangat diperlukan. Pelaksanaan supervisi akademik terhadap kedisiplinan guru perlu dilakukan guna mencapai tujuan madrasah secara efektif dan efisien. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 3 Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah sebagai responden, dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum, staf tata usaha, dan beberapa guru sebagai informan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan supervisi akademik terhadap kedisiplinan guru di MTsN 3 Kota Banjarmasin sudah berjalan baik. Kepala madrasah mampu memberikan arahan dan binaan kepada para guru. Kepala madrasah juga menguasai teknik dalam supervisi, seperti kunjungan kelas, pemberian bimbingan secara individu, dan rapat bulanan. Pelaksanaan supervisi akademik juga telah dijadwalkan setiap semester; 2) Faktor yang menunjang pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru adalah keterbukaan antara kepala madrasah dan guru, serta kepala madrasah sudah mampu memberikan arahan dan binaan kepada para guru melalui teknik perorangan dan kelompok sehingga pelaksanaan supervisi akademik berjalan dengan baik. Faktor yang menghambat adalah belum tercapainya prestasi yang paling unggul dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:22
Last Modified: 22 Jul 2022 07:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19709

Actions (login required)

View Item View Item