EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT SELAMA PANDEMI VIRUS COVID-19 DI PAUD ALAM BERBASIS KARAKTER SAYANG IBU

Rosalina, Melisa (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT SELAMA PANDEMI VIRUS COVID-19 DI PAUD ALAM BERBASIS KARAKTER SAYANG IBU. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (392kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Pandemi covid-19 yang sedang berlangsung di dunia termasuk Indonesia berpengaruh terhadap berbagai sektor kehidupan salah satunya adalah sektor pendidikan. Kondisi ini menuntut lembaga pendidikan untuk membuat kebijakan kurikulum darurat covid-19 untuk menjamin pendidikan tetap berjalan dengan baik dan efektif. PAUD Alam Berbasis Karakter Sayang Ibu merupakan lembaga pendidikan setingkat sekolah dasar berlandaskan pada pembentukan karakter pada anak yang ada di kota Banjarmasin dibawah naungan Indonesia Heritage Foundation yang berhasil menerapkan kebijakan kurikulum darurat pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi kurikulum darurat covid-19 di PAUD Alam Berbasis Karakter Sayang Ibu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan 5 orang guru sentra. Pengumpulan data dalam penelitian ini di ambil dengan cara wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian diolah dengan teknik editing, coding,dan interpretasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data bahwa kebijakan kurikulum darurat covid-19 di PAUD Alam Berbasis Karakter Sayang Ibu dilaksanakan meliputi tiga tahap yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran kurikulum darurat covid-19, guru menyusun RPP dan menyediakan media penunjang pembelajaran. Guru harus membuat pemetaan KD dan memilih materi esensi yang akan diajarkan pada masa darurat covid-19 seperti kegiatan membaca doa untuk meningkatkan rasa cinta kepada Tuhan, kegiatan menggambar dengan teknik finger painting untuk mengembangkan kekreatifan anak, kegiatan memasak bersama orang tua untuk mengajarkan anak agar suka menolong dan bekerjasama dan lain sebagainya. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran kurikulum darurat covid-19, kegiatan pembelajaran dilakukan dari rumah dengan bimbingan guru dan orang tua. Pada tahap evaluasi pembelajaran kurikulum darurat covid-19 meliputi 6 aspek perkembangan. Beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi covid-19 diantaranya peserta didik yang jenuh belajar dari rumah, tidak menerima dan mengumpulkan media pembelajaran akibat ketakutan orang tua akan penyebaran virus, ketidaksiapan orangtua dalam mendampingi kegiatan belajar anak di masa pandemi covid-19, dan sebagainya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:22
Last Modified: 01 Aug 2022 01:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19964

Actions (login required)

View Item View Item