EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERLINDUNGAN HUKUM ATAS HAK KEBEBASAN BERGERAK MASYARAKAT KOTA BANJARMASIN DI MASA PANDEMI COVID-19

Maulida, Muhaimin (2022) PERLINDUNGAN HUKUM ATAS HAK KEBEBASAN BERGERAK MASYARAKAT KOTA BANJARMASIN DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi, Syariah.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan Muhaimin Maulida.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Awal Muhaimin Maulida.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Muhaimin Maulida.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 1 Muhaimin Maulida.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB 2 Muhaimin Maulida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB 3 Muhaimin Maulida.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB 4 Muhaimin Maulida.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB 5 Muhaimin Maulida.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Muhaimin Maulida.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Lampiran Muhaimin Maulida.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi karena munculnya wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang berasal dari Cina ini menyebar hampir keseluruh Negara di dunia termasuk Indonesia. Penyebaran Covid-19 menimbulkan banyak dampak dari berbagai aspek kehidupan manusia. Berbagai upaya dilakukan untuk menghentikan laju penyebaran Covid-19 yaitu salah satunya membatasi pergerakan atau mobilitas masyarakat melalui kebijakan PSBB dan PPKM yang dikeluarkan Pemerintah. Jadi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap hak kebebasan bergerak masyarakat Kota Banjarmasin pada masa pandemi Covid-19 dan mengetahui kebijakan apa saja yang diterbitkan Pemerintah Kota Banjarmasin dalam membatasi hak kebebasan bergerak dimasa pandemi Covid-19. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah penelitian hukum empiris dan dengan pendekatan perundang-undangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer, data sekunder dan data tersier. Teknik pengumpulan data menggunkan metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik deskriptif. Penelitian ini menunjukkan pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Oleh karena itu pemerintah dengan gencar membuat kebijakan-kebijakan, diantaranya yaitu membuat kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat di luar rumah melalui peraturan yang diterapkan yaitu PSBB dan PPKM. Peraturan PSBB dan PPKM yang dituangkan dalam berbagai peraturan perundang-undangan haruslah dipatuhi dan dijalankan secara disiplin oleh setiap masyarakat itu sendiri. Dan begitu juga pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan ini, pemerintah harus melindungi dengan menyediakan kebutuhan pokok minimal selama pemberlakuan PSBB dan PPKM, terutama bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat dari pembatasan kegiatan masyarakat diluar rumah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Aug 2022 06:41
Last Modified: 01 Aug 2022 06:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20009

Actions (login required)

View Item View Item