EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS TAHFIZHUL QUR’AN (Multi Situs pada Sekolah Dasar Islam Tahfizhul Qur’an (SDITQ) Bakkah Martapura dan Sekolah Dasar Islam Tahfizhul Qur’an (SDITQ) Imam Syafi’i Banjarmasin )

Faisal, Faisal (2022) MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS TAHFIZHUL QUR’AN (Multi Situs pada Sekolah Dasar Islam Tahfizhul Qur’an (SDITQ) Bakkah Martapura dan Sekolah Dasar Islam Tahfizhul Qur’an (SDITQ) Imam Syafi’i Banjarmasin ). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB AWAL.pdf

Download (327kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Manajemen layanan khusus tahfizhul qur’an merupakan jenis manajemen penunjang dalam garapan manajemen sekolah. Namun, walaupun hanya sebagai penunjang layanan ini harus tetap ada dan dikelola dengan baik sehingga bisa membantu tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan secara efektif dan efisien. Sebagaimana SDITQ Bakkah Martapura, dan SDITQ Imam Syafi’i Banjarmasin yang menerapkan pelayanan khusus tahfizhul qur’an sebagai program keunggulan kedua sekolah tersebut. Adapun fokus yang dibahas dalam tesis ini meliputi beberapa aspek, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi manajemen layanan khusus tahfizhul qur’an pada kedua sekolah tersebut. Sedangkan tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menjawab fokus permasalahan yang ada dalam penelitian. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, maka untuk teknik dalam pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumenter, kemudian data dianalisis dengan melalui tahapan koleksi data, reduksi data, penyajian data dan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber sampai penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua sekolah ini menerapkan manajemen dengan baik hal ini dapat dilihat dari empat hal yang ditemukan berdasarkan fokus penelitian yaitu perencanaan,pengorganisasian, implementasi dan evaluasi layanan khusus program tahfizhul qur’an di SDITQ Bakkah Martapura dan SDITQ Imam Syafi’i Banjarmasin. Adapun tahapan-tahapan dari empat hal yang ditemukan dalam penelitian ini adalah perencanaan meliputi: tujuan, penentuan materi dan alokasi waktu, perangkat perencanaan dan perekrutan guru, pengorganisasian meliputi: pembagian tugas, penentuan alat pembelajaran dan tempat kegiatan halaqoh, implementasi meliputi: langkahlangkah kegiatan, materi pertemuan dan metode yang digunakan, dan evaluasi meliputi: evaluasi harian, evaluasi pekanan dan evaluasi ujian semesteran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dr Ahdie Anwary
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:58
Last Modified: 08 Aug 2022 01:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20159

Actions (login required)

View Item View Item