EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

HAK PEREMPUAN SEBAGAI ISTRI DALAM NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA PERSPEKTIF ASGHAR ALI ENGINEER

Fitriyani, Fitriyani (2022) HAK PEREMPUAN SEBAGAI ISTRI DALAM NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA PERSPEKTIF ASGHAR ALI ENGINEER. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
SKRIPSI FITRIYANI -PERNYATAAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIYANI -AWAL.pdf

Download (557kB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIYANI -ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIYANI -BAB 1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIYANI -BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIYANI -BAB 2.pdf

Download (339kB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIYANI -BAB 3.pdf

Download (285kB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIYANI -BAB 4.pdf

Download (277kB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIYANI -BAB 5.pdf

Download (107kB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIYANI -DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
SKRIPSI FITRIYANI -LAMPIRAN.pdf

Download (42kB)

ABSTRAK

Novel Pudarnya Pesona Cleopatra adalah hasil karya seorang sastarawan yang menceritakan tentang kehidupan bagaimana berumah tangga dengan perempuan keturunan Mesir yang cantik seperti titisan Ratu Cleopatra. Dalam novel tersebut diceritakan seorang laki-laki yang akan menikah dengan perempuan pilihan ibunya, namun lelaki itu sangat mengidamkan perempuan keturunan Mesir. Dari pernikahannya itu menimbulkan berbagai konflik sehingga hak nya sebagai istri tidak terpenuhi oleh suaminya. Habiburrahman El-Shirazy adalah seorang novelis terkenal di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum terpenuhinya hak perempuan sebagai istri dalam kehidupan rumah tangga. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis pada riset pustaka (Library research), yaitu penelitian yang berbasis pada pengumpulan data dan pengolahan data yang berfokus pada pembahasan mengenai hak perempuan sebagai istri dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dari buku, jurnal, dan media digital, kemudian diklasifikasikan berdasarkan relevansi terhadap penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif dengan menggunakan perspektif Asgar Ali Engineer. Kesimpulan dalam penelitian ini pada novel Pudarnya Pesona Cleopatra memiliki dua sisi yaitu unsur intrinsik dan ektrinsik yang meliputi synopsis novel, tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, biografi pengarang dan latar belakang pemikiran pengarang. Inti novel ini berisi tentang perjuangan seorang perempuan untuk mendapatkan hak sebagai istri sesuai dengan ajaran Agama Islam tanpa melakukan kekerasan. alur pada novel ini alur maju, tokoh utamanya tokoh Aku dan Raihana. Ada beberapa hak yang terpenuhi oleh Raihana sebagaimana pandangan Asgar Ali Engineer dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra. Beberapa hak tersebut adalah hak mahar, hak nafkah, Sedangkan beberapa hak lain tidak dipenuhi dalam novel ini ditemukan yakni hak kasih sayang, pada tokoh Raihana belum terpenuhi hak itu karena pernikahan atas dasar perjodohan sehingga tidak didasari rasa cinta dan tokoh Aku selalu bersikap acuh tak acuh. Sedangkan hak setara, menurut Asgar dalam al-Qur’an menegaskan secara normatif konsep kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, keduanya sama-sama mempunyai bidang yang setara baik dalam bidang kehidupan sosial, keluarga, keluarga, ekonomi dan pendidikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Aug 2022 06:37
Last Modified: 18 Aug 2022 06:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20372

Actions (login required)

View Item View Item