EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfiz Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV DI SDIT Ukhuwah Banjarmasin

Hikmah, Nurul (2022) Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfiz Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV DI SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Menghafal Al-Qur‟an merupakan sebuah proses mengingat materi ayat (rincian bagian-bagiannya, seperti fonetik, waqaf, dan lain-lain) harus dihafal dan diingat secara sempurna. Berdasarkan study yang dilakukan DR. Shaleh Bin Ibrahim Ashani, dosen dari Universitas Imam Muhammad Ibn Saud Riyadh terdapat korelasi positif antara kuantitas hafalan Al-Qur‟an dan tingkat kesehatan mental dan psikologis siswa yang berpengaruh terhadap prestasi akademik di sekolah. SDIT Ukhuwah Banjarmasin merupakan sekolah dasar yang memiliki kurikulum lokal tahfiz Al-Qur‟an, dimana setiap siswa dituntut untuk hafal 2 juz selama menempuh pendidikan di sekolah tersebut. Berdasarkan dokumentasi raport siswa kelas IV terlihat beberapa anak dengan prestasi tinggi tidak memiliki banyak hafalan, dan sebaliknya siswa dengan banyak hafalan tidak memiliki prestasi tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui kemampuan menghafal Al-Qur‟an siswa-siswi kelas IV di SDIT Ukhuwah Banjarmasin, (2) Mengetahui prestasi belajar siswa-siswi kelas IV di SDIT Ukhuwah Banjarmasin, (3) Mengetahui apakah ada pengaruh hubungan antara kemampuan menghafal Al- Qur‟an dengan prestasi belajar siswa kelas IV di SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan melalui metode survei korelasional. Semua data dikumpulkan dengan metode dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kemampuan menghafal Al- Qur‟an siswa kelas IV berada pada kategori rendah dengan prosentase sebesar adalah 69% (2) Prestasi belajar siswa kelas IV SDIT Ukhuwah Banjarmasin berada pada kategori sedang dengan prosentase sebesar 47% (3) Pengaruh hubungan hafalan Al-Qur‟an dengan prestasi hasil belajar siswa melalui hasil analisis teknik product moment pearson yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel hafalan Al-Qur‟an dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDIT Ukhuwah Banjarmasin, yaitu dengan kontribusi hafalan Al-Qur‟an sebesar 38,81% terhadap prestasi belajar sedangkan 61,19% ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:31
Last Modified: 29 Dec 2022 07:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21418

Actions (login required)

View Item View Item