EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Upaya Pemerintah Daerah Kota Banjarmasin dalam Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak

Safitri, Ameilina (2022) Upaya Pemerintah Daerah Kota Banjarmasin dalam Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (808kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pemerintah Daerah berkewajiban dalam menjamin, melindungi dan memenuhi hak anak yang merupakan bagian dari hak asasi manusia. Di dalam UU No. 35 Tahun 2014 atas perubahan UU No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak Pasal 21 Angka 3 dijelaskan bahwa untuk menjamin perlindungan dan pemenuhan hak anak, pemerintah berkewajiban dan bertanggungjawab dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang penyelenggaraan perlindungan anak di daerah. Akan tetapi, di Kota Banjarmasin sendiri masih banyak ditemui anak yang mengemis atau meminta-minta di jalan yang hak-haknya tidak sepenuhnya terpenuhi oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui upaya pemerintah daerah Kota Banjarmasin dalam perlindungan dan pemenuhan hak anak, 2). Untuk mengetahui kendala yang dihadapi pemerintah daerah Kota Banjarmasin dalam perlindungan dan pemenuhan hak anak, 3). Untuk mengetahui perspektif hukum ham terhadap perlindungan dan pemenuhan hak anak di pemerintah daerah Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu hukum empiris. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara dokumentasi dan wawancara serta Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu Teknik editing dan deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pemerintah daerah Kota Banjarmasin dalam perlindungan dan pemenuhan hak anak sudah dijalankan dengan baik yaitu dengan melakukan sosialisasi dan menjalankan programprogram dalam hal perlindungan dan pemenuhan hak anak. Hanya saja ada beberapa kendala yang di hadapi yaitu berupa kekurangan dana dan tenaga kerja. Program yang dijalankan pemerintah menurut Perspektif Hukum Ham Terhadap Pemenuhan Hak Anak sudah mampu memenuhi hak-hak anak yang termuat dalam UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan dalam pelaksanaan program tersebut pemerintah juga menggunakan prinsip nondiskriminasi yang termasuk didalam asas hukum ham.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:18
Last Modified: 11 Jan 2023 01:18
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21529

Actions (login required)

View Item View Item