EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Tilawah Melalui Program “Tilawah Full Day” di Sekolah Tilawah Al-Qur’an Yu Mengaji Center YMC (Yu Mengaji Center).

Rizqon, Muhammad (2022) Pembelajaran Tilawah Melalui Program “Tilawah Full Day” di Sekolah Tilawah Al-Qur’an Yu Mengaji Center YMC (Yu Mengaji Center). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (605kB)

ABSTRAK

Penelitian ini berlatar belakang dengan YMQ (Yu Mengaji Center) Kota Banjarmasin adalah sebuah sekolah Qur’an yang baru dibuka dan sudah mulai aktif dalam proses belajar mengajar, serta telah menerapkan program tilawah full day yang dikembangkan di sekolah tilawah Al-Qur’an yang belum ada di lembaga lain. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pembelajaran Tilawah serta Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Tilawah Melalui Program Tilawah Full Day di Sekolah Tilawah Al-Qur’an Yu Mengaji Center. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan melalui pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 5 orang tenaga pengajar di Sekolah Tilawah Al-Qur’an Yu mengaji Center Banjarmasin. Objek dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Tilawah Melalui Program “Tilawah Full Day” Di Sekolah Tilawah Al-Qur’an Yu Mengaji Center Ymc (Yu Mengaji Center). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, deskripsi dan verifikasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui Pelaksanaan pembelajaran tilawah program full day di di sekolah tilawah al-qur’an yu mengaji center ymc (yu mengaji center) melalui tahapan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pada perencanaan sekolah Tilawah hanya menggunakan target dalam perencanaan pembelajaran tanpa RPP dan Silabus. Pada pelaksanaan pembelajaran di sekolah Tilawah tidak menggunakan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Di sekolah Tilawah langsung masuk pada pembelajaran. Pada evaluasi di sekolah Tilawah Al-Qur’an memakai dua macam evaluasi yang pertama ialah evaluasi sumatif dan yang kedua evaluasi formatif. Faktor Pendukung Pembelajaran Tilawah Melalui Program Tilawah Full Day di Sekolah Tilawah Al-Qur’an Yu Mengaji Center diantaranya: Adanya pendidikan dan pelatihan khusus untuk guru Al-Qur’an, Waktu belajar yang intensif, Adanya kerjasama yang baik antar guru membuat kegiatan ini berjalan lancar. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran tilawah adalah Kurangnya kesepemahaman antar guru menjadikan kurang efektif serta Kurang fahamnya orangtua siswa tentang pembelajaran Tilawah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:13
Last Modified: 13 Jan 2023 00:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21584

Actions (login required)

View Item View Item