EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Pendidik dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Santri di Pondok Pesantren Nurul Iman Kabupaten Kapuas

Lestari, Nita (2022) Strategi Pendidik dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Santri di Pondok Pesantren Nurul Iman Kabupaten Kapuas. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (379kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (826kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Proses mendewasakan peserta didik dalam pendidikan tidak hanya menambah ilmu pengetahuan tetapi juga mengubah tingkah laku peserta didik. Ditambah lagi pada kurikulum 2013 pendidikan lebih diorientasikan pada penanaman karakter. Hal tersebut meletakkan peran guru semakin penting. Guru dituntut dapat menggunakan strategi yang tepat agar penanaman karakter berhasil ditanamkan dalam diri peserta didik. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu strategi pendidik serta faktor pendukung dan penghambat strategi pendidik dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada santri. Adapun tujuan penelitian yaitu mengetahui strategi pendidik serta faktor pendukung dan penghambat strategi pendidik dalam menanamkan nilai-nilai karakter santri. Jenis penelitian dalam tulisan ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Konsep dalam kajian adalah studi kasus terhadap beberapa pendidik di pondok pesantren Nurul Iman, oleh karenanya substansi penelitiannya terkait Strategi Pendidik dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Santri di Pondok Pesantren Nurul Iman Kabupaten Kapuas. Informan utama dalam penelitian ini adalah pendidik, sedangkan yang menjadi informan tambahan adalah Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Iman dan beberapa santrinya. Kemudian dalam penggalian data peneliti peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dilakukan analisa secara mendalam. Hasil penelitian yang ditemukan peneliti bahwa Strategi Pendidik dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Santri di Pondok Pesantren Nurul Iman Kabupaten Kapuas dilakukan dengan baik. Pendidik menerapkan strategi keteladanan, nasehat dan pembiasaan, serta pemberian pengetahuan dalam menanamkan nilai-nilai karakter, khususnya karakter religius, disiplin dan sopan santun. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai karakter yaitu faktor lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan dan faktor diri santri itu sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:24
Last Modified: 18 Jan 2023 01:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21697

Actions (login required)

View Item View Item